5 Kerajinan Tangan dari Kotak Susu Bekas

1809
kerajinan dari kotak susu – Susu merupakan minuman yang penuh nutrisi yang di hasilkan dari spesies mammalia, dimana jenis susu yang biasa di konsumsi oleh manusia adalah susu sapi, susu kambing dan  susu unta. Karena kandungan akan nutrisinya yang luar biasa, maka untuk meningkatkan daya tahan dalam proses distribusinya dibuatlah susu yang di kemas dalam kemasan kotak karton susu UHT .
Kemasan karton atau kardus susu biasa kita jumpai digunakan dalam berbagai produk susu kemasan dari kecil hingga besar dari berbagai merk. Setelah menikmati segala manfaat susu, apakah kotak kartonnya akan kita buang begitu saja? Mulai sekarang, jangan buang kemasan kosongnya, karena kita akan perlihatkan berbagai ide kerajinan tangan unik dari kotak susu bekas yang bisa anda praktekan sendiri di rumah.
Jangan buang kotak susu sehabis minum, jika para sobat BintangTop.com membeli susu cair semisal ultra milk, indo milk, atau Frisian flag / susu bendera cair, terutama yang kemasan 1 liter atau kemasan kecil, maka

 

 

Kerajinan Dompet Dari Kotak Susu UHT

Dompet dari kotak susu atau kotak karton kemasan susu dan jus ini adalah salah satu bentuk kerajinan tangan fungsional yang dengan sedikit sentuhan artistik, akan terlihat cantik sekaligus unik. Dompet dari kotak susu ini bisa anda gunakan sebagai dompet sekunder untuk menyimpan berbagai dokumen atau surat surat ukuran kecil, seperti KTP, SIM dsb.

Milk Lovers, sekarang ini banyak produk susu UHT yang bertebaran di antara kita. Salah satunya dan yang terbaik adalah Ultra Milk yang merupakan produk susu olahan terbaik yang menjamin kemurniannya. Tidak hanya itu, produk Ultra Milk pun disajikan dalam kemasan karton 6 lapis demam aluminium foil dan lapisan lainnya.

Kemasan yang berlapis ini sendiri ditujukan untuk melindungi kualitas susu, baik dari serangan bakteri pembusuk, ataupun dari terpaan sinar matahari dan perubahan suhu yang memungkinkan kualitas susu menjadi rusak. Nah, yang paling keren, setelah susunya habis, ternyata kemasannya pun bisa di buat kreasi tangan yang unik lho.

Inilah cara membuat kreasi unik dompet dari kemasan susu UHT.

Bahan :

  • Box Kemasan Ultra Milk 1000 ml
  • Kain katun atau kain flanel
  • Hiasan
  • Lem perekat

Alat :

  • Gunting
  • Lem tembak
  • Lem putih atau Lem uhu
  • Kipas angin

Cara Membuat

dompet unik dari karton kotak susu dan jus

  1. Buka lipatan atas dan bawah bagian kotak kemasan. Setelah itu, anda tinggal matikan garis sisinya dengan menggunakan gagang gunting.
  2. Setelah itu, potong bagian sisi atas dan bawah kotak. Ingat, harus di potong sesuai garis bekas lipatan susu kemasannnya.
  3. Lipat kemasan tadi seperti gambar di bawah. Kemudian matikan kembali garisnya dengan menggunakan gagang gunting.
  4. Kemudian lipat kemasan menjadi 3 bagian.
  5. Kemudian potong bagian atas lipatan, dan rapikan sisi-sisinya.
  6. Setelah itu, bukan sambungan kemasan bagian tengah dan ratakan (bersihkan bekas susunya menggunakan lap atau Tisu kering). Ingat, hati-hati dalam membukanya, jangan sampai robek atau malah rusak ya!
  7. Setelah selesai, kemudian anda siapkan kain pelapis yang tadi sudah di persiapkan sebelumnya. Sebaiknya gunakan kain yang tidak terlalu tebal agar mudah menggunting dan menempelkannya.
  8. Letakkan kemasan yang sudah di buka tadi di atas kain.
  9. Bubuhkan lem putih secara merata di seluruh permukaan luar kemasan.
  10. Potong kain flanel mengelilingi karton kemasan. Jangan lupa lebihkan 2 cm untuk merapikan bagian sisinya. Kecuali bagian atas yang akan kita gunakan sebagai tutup dompet.
  11. Jika Lem sudah kering, kembalikan lipatan kemasan seperti semula. Kemudian Lem kembali sambungan kemasan tersebut.
  12. Bubuhkan lem kemudian lekatkan pada bagian tengahnya.
  13. Kemudian tempelkan hiasan yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
  14. Anda bisa juga memberikan hiasan berupa pita atau bisa juga dengan menggunakan gesper plastik.

 

Lampion taman cantik

 

Kotak susu kemasan besar, jika anda memiliki dalam jumlah banyak, dan kebetulan anda juga memiliki kebun yang luas, maka anda bisa mengolah kotak susu menjadi hiasan lapion taman yang akan memberi aksen di malam hari. Beri lubang pada bagian samping kotak susu dan kemudian anda lapisi dengan kertas warna warni dan gantunglah dengan lampu di taman, maka taman anda akan berpendar dengan cantik.

lampion cantik untuk taman anda lampion cantik untuk taman anda

Pot tanaman

 

Untuk pot tananman  sebenarnya ada 2 jenis yang dapat di buat dengan kotak susu bekas, yang pertama adalah pot tanaman dengan akar yang panjang dengan menggunakan panjang kemasan karton susu bekas. Dan yang satu adalah pot kecil untuk tanaman kecil yang bisa anda hias dengan berbagai motif dan pola agar si kecil merasa senang belajar bercocok tanam.

pot lucu untuk si kecil belajar berkebun
pot lucu untuk si kecil belajar berkebun

Tempat pensil

Untuk pemanfaatan jenis ini adalah yang paling umum dan mudah untuk di buat, kotak susu bisa kita manfaatkan menjadi tempat pensil yang di beri hiasan city scape agar tidak terlihat terlalu plain dan membosankan.
tempat pensil dengan hiasan city scape
tempat pensil dengan hiasan city scape

Sebagai tempat serbuk serbaguna

Pemanfaatan menjadi kerajinan tangan fungsional yang satu ini sebenarnya hanya memanfaatkan pada bagian yang memiliki tutup ulir dari kotak susu tersebut. Untuk bagian bawah, atau tempat penyimpanan adalah menggunakan toples kaca yang bening. Tutup ulir dari kemasan karton susu dipotong sesuai bentuk tutup toples untuk kemudian di pasang di bagian tutup toples. Maka jadilah tempat penyimpanan serbuk serbaguna yang bisa anda gunakan tanpa harus repot mengambil isinya menggunakan alat lain.

tempat serbuk serbaguna, anda pasti akan menyukainya
tempat serbuk serbaguna, anda pasti akan menyukainya

Dari 5 kerajinan tangan unik dari kotak susu bekas diatas adalah berbagai cara upcycle dari bahan yang bisa kita temui di sekitar rumah. Terutama jika anda adalah orang yang suka mengkonsumsi susu maka kreasi unik diatas dapat anda coba. apakah anda memiliki ide lain untuk memanfaatkan kemasan karton susu bekas menjadi berbagai jenis kerajinan unik yang lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment