Akar Wangi Garut Pengharum Ruangan Alami

    Akar wangi Garut, merupakan kerajinan khas dari Garut, Jawa Barat. Akar wangi adalah tanaman yang termasuk dalam jenis rerumputan yang masih bersaudara dengan serai dan juga padi. Tanaman akar wangi yang memiliki nama latin Vetiveria zizanioide ini memiliki keunikan dibandingkan dengan saudara sesama rerumputannya, ya sesuai namanya, tumbuhan ini mengeluarkan aroma wangi.

    Tanaman yang berasal dari India ini pada awalnya dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, penghilang bau mulut dan juga rheumatik. Tanaman ini diketahui hanya tumbuh subur di tiga tempat, yaitu, India, Haiti dan juga Indonesia.

    Di Indonesia tanaman akar wangi selain digunakan dalam bidang kesehatan, tapi juga dibudidayakan untuk dibuat menjadi kerajinan anyaman akar wangi. Di tangan warga Garut, kreasi kerajinan akar wangi merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Garut dalam kapasitasnya sebagai pusat penghasil akar wangi terbesar di memasok seluruh kebutuhan akar wangi untuk seluruh Indonesia.

    Jika hasil kerajinan pada umumnya memiliki fungsi utama dekorasi dan terkadang fungsionalitas, maka kerajinan akar wangi juga memiliki keduanya dan juga karena kelangkaannya, maka hasil kerajinan akar wangi Garut ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

    Yang lebih menarik yakni kemampuannya menciptakan keharuman dalam suatu ruangan, jika dalam suatu ruangan terdapat tempat tisu atau vas yang terbuat dari kerajinan akar wangi maka ruangannya niscaya akan memiliki aroma yang menyegarkan berkat aroma wangi yang keluar dari kerajinan akar wangi tersebut.

    Rumput akar wangi ini sudah dimanfaatkan lama sekali sejak jaman dahulu disaat untuk dijadikan pewangi batik, pewangi benda – benda pusaka seperti keris, pedang atau tombak. Kerajinan akar wangi Garut ini bisa pula dimanfaatkan sebagai pewangi lemari baju alami membuat baju menjadi wangi & pun mencegah rayap maupun semut. Kerajinan akar wangi ini bisa pula dijadikan sajadah yg telah dijual ke mancanegara & permintaan ekspornya konsisten meningkat per tahunnya, terutama di negeri – negeri Arab.

    Tinggalkan Koment