Apakah Indonesia termasuk Negara yang kreatif?

    49

    Indonesia kreatif, mendengar kata seperti itu pasti yang ada dalam pikiran kita adalah ”indeonesia” dan “kreatif”. Sebelum kita mengenal Indonesia yang kreatif ini sebaiknya kita mengenal kreatif itu apa sih?

     Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kreatif adalah memilki daya cipta masudnya memiliki kemampuan untuk menciptakan.

     Menurut R.semiawan kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan dalam memecahkan masalah.

    Menurut havvel:1962 arti kreatif adalah suatu proses pemikiran yang membantu mencetusan berbagai gagasan baru yang merupaan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan dorang tersebut bias terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya.

    Nah, setelah kita mengetahui apa itu kreatif?. Terus di Indonesia ini apa sih yang kreatif?
     Sektor arsitektur
    Sector arsitektur termasuk ke dalam jenis Indonesia kreatif karena sector arsitektur ini berkaitan dengan design bangunan, perencanaan konstruksi bangunan, pengawasan kontruksi dan konservasi bangunan warisan. Mengapa termasuk ke dalam sector reatif?. Ini karena tidak semua orang Indonesia dapat mendesign rumah seperti arsitek dan hanya orang-orang yang kreatif dan mempunyai kemampuan menggambar dengan bagus.

      Sector periklanan
    Sector periklanan termasuk jenis Indonesia kreatif karena berkaitan dengan produksi dan distribusi iklan yang nantinya riset pasar dan juga perencanaan pengembangan iklan tersebut. Yang termasuk sector periklanan adalah membuat iklan di luar ruangan, produksi materi ilan, proses promosi iklan tersebut
    Dalam promosi sebuah iklan bisa memanfaatkan beberapa media seperti media cetak, media elektronik, membuat sebuah poster atay pamflet dan juga mengedarkan brosur. Segala jenis yang berkaitan dengan periklanan seperti penyedia jasa periklanan termasuk kedalam industri kreatif sektor periklnanan.

     Sector pasar barang seni
    Sector pasar barang seni termasuk jenis Indonesia kreatif. Mengapa? Karena sector pasar barang seni ini merupakan aktifitas perdagangan barang-barang asli unik dan mempunyai nilai seni yang tinggi.

     Sector kerajinan
    Sector kerajinan merupakan jenis sector yang paling popular apalagi dialangan orang-orang yang dapat mengelola barang menjadi barang yang memiliki harga jual tinggi. Sector kerajinan ini dibuat oleh tenaga pengrajin mulai dari design sampai proses hasil penyelesaiannya.

     Sector design
    Sector design juga termasuk dalam Indonesia yang kreatif karena dalam membuat design grafis, design interior, dan design produk. System kerja yang diterapkan dari industry kreatif ini adalah dengan melakuan konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengekapan

      Sector fashion
    Sector fashion termasuk jenis Indonesia kreatif karena dalam pembuatan suatu produk pakaian, pembuatan aksesoris paaian, serta membuka konsultasi fashion dan mendistribusikan produk fashion yang telah diciptakan.

      Sector video, film, dan fotografi
    Sector ini termasuk Indonesia kreatif karena dalam pembuatan video, film, dan fotografi sangat memerlukan kreativitas dan skill. Persaingan sangat ketat dalam bidang ini tergantung kreativitas dan skill untuk membuatnya.

      Sector kuliner
    Sector kuliner ini sector yang sangat pesat perembangannya karena pada zaman sekarang semakin banyak orang yang semakin malas untuk membuat sarapan pagi jadi sekarang lebih banyak orang yang memilih untuk membeli makanan daripada membuatnya. . Sektor kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini. karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan.

    Sektor Industri Kreatif Berbasis Teknologi
    Industri kreatif tidak hanya mengandalkan kreatifitas secara manual, namun saat ini industri kreatif sudah meluas hingga mencangkup sektor teknologi. Mengikuti perkembangan zaman yang sudah canggih saat ini sektor industri kreatif sudah banyak yang berbasis teknologi. Jenis Industri kreatif Teknologi

    1. Sektor industri Permainan

    sektor permainan merupakan salah satu contoh dari kekreatifan bangsa indonesia. Sektor industri permainan ini tidak hanya bersifat untuk hiburan, permainan juga bisa memberikan edukasi dan ketangkasan otak tergantung dari jenis permainannya

    2. Sektor Industri Musik

    Sektor industri musik ini juga merupakan salah satu contoh Indonesia kreatif karena berkaitan dengan kreasi musik, komposisi sebuah lagu, menciptakan lagu hingga proses produksi saat rekaman. Saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau laptop, sehingga semakin mendukung industri kreatif musik di indonesia.

    3. Sektor industri layanan komputer dan Perangkat Lunak

    Sektor industri ini berkaitan dengan pengembangan suatu teknologi yang di dalam nya meliputi, jasa layanan komputer, pengolahan data, pembuatan website, periklanan berbasis internet, desain sistem dan desain portal termasuk perawatannya. Sector ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.

    4. Sektor industri Pertelevisian
    Sektor industri kreatif ini berkaitan dengan, membuat kreasi, proses produksi hingga Pengemasan acara televisi. Yang bersangkutan dengan kebutuhan pertelevisian termasuk kedalam jenis industri ini

    Hal Yang Mempengaruhi Perkembangan Industri Kreatif Perkembangan industri kreatif di indonesia sudah semakin berkembang pesat itu bahan di berbagai bidang sudah terlihat dari beberapa daerah di indonesia. Tentu ini menjadikan industri kreatif sangat berpotensi bisa berkembang di indonesia. Ekspor industri kreatif di indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Lalu apa saja yang melatarbelakangi perkembangan industri kreatif.

    • Kreativitas

    Dalam dunia industri kreatif tentu harus memiliki kreatifitas yang tinggi. karena pelaku industri kreatif kebanyakan anak muda sehingga kreatifitas dan potensi mereka tanpa batas. Sehingga bisa membantu mendorong perkembangan industri kreatif di indonesia.

    • Kemajuan Teknologi

    Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi industri kreatif tanah air. Seperti yang kita tahu kecanggihan teknologi sudah menjadi pendukung bagi pelaku industri kreatif menengah.

    • Media sosial

    Tidak bisa dipungkiri lagi peran media sosial sangat memberikan potensi besar bagi pelaku bisnis tak terkecuali pelaku industri kreatif. Karena bisa menawarkan barang untuk di jual melalui media sosial, sehingga ikut membantu dalam perkembangan industri kreatif

     Lantas apakah seni dan budaya Indonesia ini termasuk dalam kategori kreatif? Ternyata pemuda Indonesia juga tidak kalah saing loh dalam reativitasnya dengan produk-produk internasional. Dengan beragam karya pemuda Indonesia yang kreatif mulai dari game, animasi hingga busana merea ciptakan dan telah mendunia dan diakui juga loh secara global

     1. Tata busana

    Indonesia memiliki desainer-desainer yang berbakat salah satunya ivan gunawan, dari setiap rancangannya terlihat unik dan spektakuler sehingga menjadi langganan dialangan selebritis tanah air.

     2. Animasi

    Kamu tahu tokoh yang meluncurkan karya kreatif di bidang animasi ini? Yaitu andre surya, Michael resynold, tagore, rini triyani sugianto dan masih banyak lagi. Sudah banyak animasi-animasi pada film berkelas box office lahir dari tangan kreatif mereka bahkan banyak orang Indonesia sendiri yang kurang mengetahui peran penting mereka di dunia animasi perfilman

    3. Desain grafis

    Dan karya pemuda Indonesia lainnya yang patut dibanggakan yaitu desain grafis beberapa waktu lalu kita sempat digemparkan dengan desain cover dari band maron 5 yang didesain oleh pemuda asal Indonesia. Bukan hanya itu, pemuda asal Indonesia juga berhasil memenangkan desain coca-cola pada ajang euro 2015. Terbuktikan Indonesia juga gak kalah kreatifnya sama Negara lain.

    4. tarian/koreografer

    salah satu penari yang konsisten melestarikan kesenian budaya Indonesia adalah didiek nini towok. Dia bukan hanya penari saja tetapi dia juga sebagai koreografer comedian pemain pantonim penyanyi dan pengajar, bahkan dia juga sempat melakukan pementasan di berbagai Negara seperti jepang, jerman, belanda amerika dan sejumblah Negara lainnya.

    5. Seni instalasi

    Seni instalasi ini tidak bisa dianggap remeh karena merupakan seni yang memasang, menyatukan dan mengonstruksi sejumblah benda yang dianggap bias merujuk pada suatu makna tertentu. Seperti Indonesia space sceine society (ISSS) yang dirancang oleh venzha chrismawan dan teamnya di house of natural fiber (HONF).

    6. Pencak silat

    Sejak kemunnculan action yang berjudul “merantau” pencak silat asal Indonesia kini telah terkenal oleh masyarakat dunia. Tentunya tidak terlepas dari iko uwais dan yayan ruhian pemuda Indonesia yang berakting di film merantau dan mahir pencak silat. Sejak kemunculan di film itulah pecak silat kini mulai bangkit lagi di Indonesia.

    so jadi masih bingung gak kalau indonesia itu kreatif apa nggak?

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment