Cara Membuat Berbagai Macam Kerajinan Dari Kardus

    1
    98

    kerajinan dari kardus 1

    www.rumahkreative.id – Setiap rumah pasti punya sebuah kardus yang tidak terpakai, kini 
    anda dapat mengubah kardus menjadi barang yang berguna. 

    Biasanya kardus diperoleh dari bungkus barang-barang elektronik yang baru dibeli seperti kardus televisi, kulkas, peralatan rumah tangga atau barang-barang lainnya yang di bungkus dengan kardus. 

    Sangat disayangkan apabila kardus tersebut tidak dapat di ubah menjadi barang yang bermanfaat, apalagi hanya disimpan didalam gudang, lambat laun akan menjadi buruk dan tidak terpakai.


    Berdasarkan hal tersebut kami ingin berbagi ilmu untuk membuat kerajinan dari kardus. Dengan begitu, kardus yang tidak terpakai sebelum nya dapat di sulap menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

    Macam Kerajinan Dari Kardus

    Jika kalian tertarik untuk membuat kerajinan dari kardus. Kami akan memberikan sebuah contoh kerajinan dari kardus yang bisa kalian buat dirumah.

    Selain itu,pembutannya pun cukup mudah dan simple karena bahan bahannya mudah dicari. Barang – barang yang akan kami bagikan pembuatannya merupakan barang – barang yang sederhana dan banyak di jumpai di manapun.

    kerajinan dari kardus ini Selain menghemat biaya dengan membuat barang – barang sendiri kita bisa menhasilkan pendapatan, karena barang tersebut memiliki nilai jual.

    Untuk lebih lanjut kita bisa mengikuti cara pembuatan kerajinan dari kardus sebagai berikut:

    Kerajinan vas bunga dari kardus

    vas bunga kerajinan dari kardus


    Jika teman – teman memiliki kardus yang tidak terpakai di rumah, teman – teman  dapat memanfaatkan kardus bekas di rumah untuk di buat menjadi kerajinan dari kardus. 

    Salah satu contoh kerajinan dari kardus adalah vas bunga. Membuat kerajinan vas bunga dari kardus cukuplah simple karena pembuatannya pun cukup mudah dan tidak rumit. Jika teman – teman tertarik bisa mengikuti langkah – langkah di bawah.


    Alat dan Bahan 

     Kardus bekas
    – Lem 
    – Perekat / lakban
    – Cat berwarna
    – Kuas
    – Gunting / cutter

    Cara Pembuatan

    Gambarlah bentuk vas yang kalian  inginkan dan atur sesuai selera kalian, lalu gunting kardus tersebut menjadi 4 bagian.Potonglah dengan ukuran yang sama semua.Seperti contoh gambar di bawah ini :

    pola kerajinan dari kardus

    Setelah selesai membuat semua 4 bagian kardus, sekarang melangkah ke tahap pembentukan.Yaitu lakukanlah seperti gambar dibawah.

    Dimana keempat sisi disatukan menggunakan lem.Agar lebih kuat pakai perekat lakban atau perekat lainnya  untuk merekat sesama sisi, sehingga terbentuk seperti gambar dibawah:

    rancangan kerajinan dari kardus

    Jika sudah selesai membentuk dan menyatukan semua kardus, maka mulailah bentuk vas bunga sudah mulai terlihat. Setelah itu selesai saatnya memberi warna pada bagian luar vas bunga agar menambah kesan menarik.
    untuk warna sesuaikan dengan selera anda.Warnailah dengan rapih agar terlihat indah.

    proses pengecatan kerajinan dari kardus

    Setelah diberi warna atau di cat, tunggu cat sampai benar benar kering.Setelah cat kering total, vas bunga sudah dapat di gunakan. Anda bisa menaruhnya di ruang tamu, di depan rumah atau di ruang keluarga.

    kerajinan dari kardus yang dibuat menjadi vas bunga sudah selesai, cukup mudah bukan?

    Kerajinan kotak tisu dari bahan kardus 

    kotak tisu kerajinan dari kardus


    Kardus  adalah suatu benda yang sangat mudah digunakan untuk membuat sebuah kerajinan. Kerajinan dari kardus sedang menjadi trend untuk membuat rumah tampil beda dengan biaya yang murah. 

    Karena kardus sangat mudah digunakan, maka banyak kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan kotak kardus ini. salah satunya adalah kotak tisu, biasanya untuk mempercantik kotak tisu yang terbuat dari kardus biasanya di butuhkan sedotan, kertas kado, ataupun kain flanel, tergantung dengan kebutuhan masing masing. 

    Artikel ini akan sedikit membahas tentang cara membuat kerajinan dari kardus menjadi kotak tisu.

    Alat dan Bahan

    Pertama.
    Siapkan bahan kardus, untuk ukuran di siapkan sesuai kebutuhan kamu
    Kedua.
    Siapkan alat alat seperti berikut :
    • Gunting
    • Lem
    • Pulpen / pensil
    • Penggaris
    • Kain flanel, Koran atau kertas kado.

    Cara Membuat 

    • Gunting kardus mengikuti pola pada gambar tsb.
    • Terlebih dahulu siapkan bahan pendukung. Jika kamu menggunakan kertas kado / Koran. Gulunglah usahakan juga gulungan kertas memiliki besar dan panjang yang sama agar nanti terlihat rapi, agar gulungan kertas terkunci atau tidak terbuka lagi, kamu bisa menggunakan lem.
    • Potonglah gulungan kertas tadi sesuai dengan kebutuhan kotak yang kamu inginkan
    • Lubangilah bagian atas pada kotak tisu untuk membuat celah.Agar mendapatkan hasil yang bagus Sebisa mungkin menggunakan peggaris.
    • Untuk menggabungkan tiap bagian gunakan lem dan satukan setiap bagian sampai terbentuk menjadi kotak tisu.
    • Jika kotak tisu sudah terbentuk maka kamu akan ke bagian terakhir atau finishing, di sini kamu akan menempelkan bagian gulungan kertas Koran / kertas kado tadi untuk menjadi sebuah hiasan pada kotak tisu.
    •  Disinilah kamu membutuhkan ukuran dan besar yang sama supaya hiasan pada kotak tisu tersebut terlihat bagus dan menatik. Jika sudah maka selamat, kerajinan dari kardus yang diubah menjadi kotak tisu kamu sudah jadi.

    Kerajinan tempat dudukan HP dari kardus

    tempat dudukan hp kerajinan dari kardus

    Siapa yang tidak mempunyai Handphone, Handphone merupakan benda berharga tinggi dan bisa dikatakan benda yang sangat diperluakan dan sangat penting si jaman yang modern, oleh sebab itu setelah kita memilikinya maka  yang harus kita lakukan yaitu menjaganya dengan sebaik mungkin.

     Namun nyatanya justru banyak orang yang malah mengabaikannya, mereka tidak pernah berfikir kembali bagaimana usahanya yang di lakukannya untuk dapatk membeli benda-benda tersebut. 

    Biasanya salah satu hal yang sering diabaikan dan tidak diperhatikan banyak orang adalah  bagaimana tata letak atau cara menyimpan benda-benda tersebut. 

    Karena biasanya sering sekali mereka selalu menyimpan benda-benda itu dengan sesuka hati mereka seperti misalkan di simpan hanya tergeletak di atas meja ataupun lemari, atau mungkin di tempat tidur bahkan di dapur. 

    Selain disimpan  di tempat – tempat itu, sebenarnya teman – teman pun bisa memperhatikan cara menyimpan handphone atau tablet. Dimana teman – teman bisa membeli dudukan untuk menyimpannya dengan baik dan benar.

    Nah, untuk mendapatkan dudukan hanphone atau tablet sebenarnya kaliantidak harus membelinya. Karena kalian bisa mendapatkannya dengan cara membuatnya di rumah, dan cara ini pun merupakan cara hemat yang bisa kalian lakukan karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang. 

    Kalian juga dapat mengembangkan kreativitas. Pada dasarnya bahan-bahan yang digunakannya bisa didapatkan dengan mudah di rumah sendiri contohnya membuat kerajinan dari kardus. 

    Lantas seperti apa cara membuat salah satu kerajinan dari kardus ini ? Jika penasaran maka Kalian bisa simak langsung di bawah ini! 


    Alat dan Bahan

    – Kardus 
    – Gunting
    – Pensil
    – Penggaris

    Cara Membuat

    1. Buat garis di kardus berukuran 15×12 cm , kemudian potong dengan menggunakan gunting. 
    2. Selanjutnya gunting kardus tersebut menjadi dua bagian. 
    3. Buat desain dudukan menggunakan pensil sesuai keinginan.
    4.  Lalu gunting membentuk dudukan, dan silangkan kardus tersebut.  

    Itulah beberapa kerajinan dari  kardus. Sangat kreatif dan sangat mudah bukan? Daripada kardus tergeletak dan dibuang sia – sia lebih baik kita olah menjadi barang yang bermanfaat. Itulah sedikit informasi tentang cara membuat kerajinan dari kardus. Selamat mencoba, Selamat berkreasi dan Selamat berkarya.

    1 COMMENT

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.