Kerajinan Kulit Manding Desa Wisata Yogyakarta

170
Kerajinan Kulit Manding Desa Wisata Yogyakarta rumah kreative

Kerajinan kulit Manding pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1970an hingga 1980an. Walaupun tidak sejaya dulu, tetapi saat ini kerajinan kulit Manding masih menjadi sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Manding merupakan salah satu desa wisata di wilayah Yogyakarta yang terkenal dengan produksi dari kerajinan kulit dalam jumlah besar, Desa ini tidak mau kalah dengan sentra kerajinan Cibaduyut di Jawa Barat dan juga Tanggulangin di Jawa Timur.

Berbagai produk dari hasil tangan-tangan kreatif masyarakat Desa Manding ini pun sudah menjadi primadona bukan hanya dikenal secara domestik, tapi juga terkenal di luar negeri

Kawasan desa Manding ini memiliki sekitar 40 unit usaha kulit tradisional yang dikerjakan oleh ratusan masyarakat sekitar. Kawasan desa Manding kini bisa disamakan dengan kawasan Cibaduyut yang berada di Bandung Jawa Barat namun memiliki ciri khas .

 

Sejarah Sentra Kerajinan Mading Yogyakarta

Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding berada di lokasi persimpangan Jl. Parangtritis km 11, atau lebih tepatnya di  Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, sekitar 15 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis.

Akses menuju desa Manding terbilang cukup mudah karena Jalan Parangtritis ini dilalui oleh banyak sekali kendaraan umum seperti bus. Atau jika kamu mengendarai kendaraan pribadi, ataupun menggunakan Travel maka perjalanan ke Manding akan lebih mudah.

Asal mula desa ini awalnya berasal dari 3 orang pemuda yang sedang bekerja di salah satu perusahaan kulit yang berada di pusat Kota Yogyakarta. Kemudian mereka menggunakan bekal ilmu cara mengolah kulit yang mereka kuasai, tiga pemuda bernama Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo dan Wardi Utomo ini memutuskan untuk meninggalkan perusahaan di tahun 1947 dan mulai merintis usaha mereka sendiri yang berbahan dasar kulit juga.

Setelah sepuluh tahun bergelut dengan usahanya, sejak tahun 1957, desa yang terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro, Bantul ini perlahan menjadi terkenal sebagai desa pengrajin kulit dan mengalami masa kejayaan pada tahun 1970an hingga 1980an.

Baca juga : Obyek Wisata Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Produk-produk kerajinan kulit yang dihasilkan oleh kawasan manding ini adalah seperti jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, serta berbagai asesoris yang terbuat dari kulit seperti pigura dan gantungan kunci.

Kebanyakan produk Manding berasal dari kulit sapi dan masih diproduksi secara rumahan. Untuk membeli barang, Anda bisa melakukan proses tawar-menawar karena barang yang dijual di Manding ini kebanyakan dapat ditawar lebih murah lagi.

Aneka  Produk Kerajinan Desa Mading

Kawasan desa Manding dihuni oleh berbagai deretan gallery atau showroom yang jumlahnya ada sekitar 40an. Showroom atau gallery ini menjual aneka produk kerajinan kulit dengan memberdayakan warga setempat sebagai pekerjanya.

Kerajinan Tas Kulit  Mading Yogyakarta
Kerajinan Tas Kulit Mading Yogyakarta

Di berbagai galleri yang ad di desa kerajinan mading ini ada berbagai macam varian harga yang ditawarkan ini tergantung dari model kerajinan dan komposisi bahan kulit yang digunakan. Seperti misalnya Untuk jaket kulit dengan bahan 100% kulit asli, biasanya akan dibandrol dengan kisaran harga antara IDR 500.000 sampai dengan IDR 2.000.000.

Kerajinan Sepatu Kulit  Mading Yogyakarta
Kerajinan Sepatu Kulit Mading Yogyakarta

Untuk produk kerajinan sepatu kulit, anda bisa mendapatkan dengan harga IDR 70.000 hingga IDR1.000.000. Jika anda kolektor tas apalagi tas kulit anda bisa mendapatkan nya di sini dengan harga IDR 100.000 sampai dengan IDR 1.000.000, ada dompet kulit juga yang cocok untuk hadiah biasanya dibanderol IDR 50.000 saja hingga IDR 250.000.

Bisa Jadi Bisnis Reseller Toko Souvenir

Buat kamu yang lagi bisnis souvenir atau punya toko souvenir kerajinan tangan disini juga bisa loh kamu mendapatkan supplayer dengan produk kerajinan yang berkualitas dengan harga yang pas.

Tentunya pembisnis atau pemilikk toko kerajinan di berbagai daerah, pasti tidak akan melewatkan dan mengujungi sentra kerajinan kulit mading ini. Karena bisa dapat harga barang-barang di sini yang miring, dengan  membeli dengan jumlah besar atau membeli sebagai reseller souvenir kemudian dijual kembali. Untungnya pasti akan berlipat-lipat.

Produk Kerajinan Kulit Lokal  Kualitas internasional 

Harganya yang murah jika dibandingkan dengan harga-harga produk serupa di mal atau pusat perbelanjaan, membuat kawasan Manding banyak diburu wisatawan yang ingin membeli produk kerajinan kulit.

Keistimewaan produk kerajinan kulit Manding yang lainnya adalah kualitasnya yang bagus sehingga produknya bisa awet/ tahan lama, Pembeli pun bisa memesan produk sesuai dengan keinginan.

Jadi anda tidak perlu merasa khawatir atau  meragukan kualitas dari produk kerajinan kulit Desa Manding ini. Meskipun diproduksi dengan cara tradisional, kerajinan tangan seperti tas kulit, sepatu jaket kulit yang dihasilkan oleh pengrajin kulit desa Manding sudah terbukti menarik banyak wisatawan. Tentu Selain karena kualitasnya yang senantiasa terjaga, anda bisa mendapatkan dengan harga yang relatif murah.

Produksi kerajianan oleh para pengrajin  memang ditujukan untuk memenuhi standar pasar lokal dalam negeri dan juga wisatawan asing yang datang berkunjung ke desa ini, dan jangan salah beberapa produk kerajinan unggulan Desa Manding ini  sering diekspor ke luar negeri.

Beberapa eksportir  seperti Mesir dan negara-negara Timur Tengah serta eropa sudah mengeskpor produk-produk  kerajinan kulit dari Manding dan telah melakukan kerjasama dengan para pengrajin kerajian kulit di desa ini.

Cara Ke Sentra Kerajinan Desa Mading Yogyakarta

Ada banyak cara Untuk cara menuju sentra Kerajinan Kulit Manding yang terletak 15 kilometer dari pusat kota Yogya, Maliboro  perkiraan waktu tempuh selama  35 menit lebih kurang. Selain anda menggunakan kendaraan pribadi anda juga bisa menggunakan

transportasi umum seperti TransJogja dengan jalur trayek 3A dari Malioboro-Giwangan. Kemudian  bisa juga menggunakan transportasi  kecil jurusan Giwangan-Parangtritis atau bisa memanfaatkan jasa taksi.

Jarak yang akan anda tempuh kira kira15 kilometer  hingga akan sampai di pesimpangan Jalan Parangritis kolimeter 11 yang mungkin lebih dikenal dengan Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo, lokasi desa wisata ini. Alamat Lebih lengkapnya lokasi tersebut berada di Desa Manding, Kelurahan Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Penjelasan Rute

Untuk rute menuju lokasi desa ini Anda dapat menggunakan rute yang diawali dari pusat kota Yogyakarta, lalu arahkan kendaraan anda menuju arah selatan hingga tiba di Jalan Parangritis. Kemudian arahkan anda menuju perempatan Manding. Sampai sini anda hampir tiba, hanya butuh berkendara masuk sekitar 50 meter dan sampailah ditujuan.

Harga Tiket Masuk wisata desa  Mading, Jam Buka dan Fasilitas

Anda tidak akan dikenakan biaya atau tiket masuk apapun untuk mengunjungi tempat sentra kerajinan mading ini . Galleri atau toko di area ini yang memamerkan hasil kerajinan kulitnya dibuka setiap harinya, 7 hari seminggu, mulai jam bukanya kebanyakan yaitu pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Fasilitas Wisata Sentra Kerajinan Desa Mading

Tentu akan semakin menyenangkan dengan adanya berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat Anda semakin nyaman berbelanja disini. Mulai fasilitas toilet umum, lahan parkir yang sangat luas, tempat beribadah, ada bisa mencicipi berbagai kuliner yang terdapat juga di area ini.

Pastilah Anda tidak akan menyia-nyiakan liburan tanpa menenteng oleh-oleh khas Jogja, bukan? Kerajinan Kulit Manding Jogja bisa menjadi pilihan tempat berburu oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah. Apalagi kerajinan tersebut sudah terjamin kualitasnya.

Untuk semakin membuat Anda nyaman di Jogja, kami kamu bisa menggunakan layanan wisata dari amanat trans , paket wisata jogja tersedia dengan berbagai fasilitas menarik mulai dari armada yang nyaman, supir profesional hingga kami menyediakan guide dan fotografer untuk menemani perjalanan wisata mu selama di yogyakarta.

Kunjingi segera di www.amanattrans.com

 

Sentra Kerajinan Kulit Manding

  • Alamat     : Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul
  • Jam buka : 09.00 – 21.00 WIB
  • Maps        : https://maps.google.com/maps?ll=-7.891009,110.355634&z=16&t=m&hl=id&gl=ID&mapclient=embed
No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment