Festival Jiran Nusantara Kota Muntok Bangka Belitung

    38

    Bangka Belitung – Kota Muntok yang terletak di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, merayakan hari jadi atau Ulang Tahun ke 282 tahun dengan menggelar acara Festival Jiran Nusantara.

    Festival Jiran Nusantara ini di isi dengan berbagai produk kerajinan khas Bangka Belitung seperti Dambus, Dompet, Gelang dan lain-lainnya. Kemeriahan festival ini disambut optimis oleh pada pedagang kerajinan atau pengrajin dengan membanjiri stan-stan yang tersedia di lokasi acara.

    Festival Jiran Nusantara ini digelar selama empat hari dari mulai tanggal 3 hingga 7 September 2016. Setiap hari pengunjungnya bisa mencapai ribuan orang, pengunjung tidak hanya dari dalam kota, namun juga dari luar kota Muntok.

    “Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat mengenal berbagai produk perajin lokal, seperti kerajinan alat musik dambus, miniatur, hiasan dan sejenisnya,” kata perajin dambus, Donor, di Muntok, Senin (5/9). Seperti dikutip dari Republika.com.

    Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan daerah pengrajin, dimana pengrajin tersebar dimana saja hampir seluruh titik wilayah. Begitu juga dengan Bangka Belitung, berbagai macam kerajinan tersedia dan diproduksi oleh tangan-tangan profesional.

    Meski menghadapi minat rendah masyarakat terhadap kerajinan-kerajinan lokal yang dibuat dengan kemahiran tangan pengrajin Bangka Belitung, para pengrajin tetap semangat untuk mengenalkan produk-produk berkualitas mereka.

    “Harus optimistis karena masih ada kesempatan dalam beberapa hari ke depan, kami juga sudah memberikan harga khusus pada beberapa barang, misalnya dambus standar yang biasa dijual dengan harga Rp 400.000 hingga Rp 600.000 khusus pameran kami jual sekitar Rp 250.000,” katanya lagi.

    Pada kegiatan itu, Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat yang mengusung tema Pameran Seni Rupa Rakyat Jelata mencoba merangkul sejumlah pelaku dan pegiat seni kriya untuk memamerkan produknya.

    “Kami tetap semangat karena pada dasarnya kegiatan ini baru sekedar pengenalan produk, ke depan dengan makin banyak kesempatan tampil yang dimiliki akan semakin luas kesempatan perajin dalam mempromosikan produknya,” kata dia.

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment