Hasil Kerajinan Daeng Terkendala Pemasaran

    41

    Pengrajin kayu kelapa dan turunannya, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengalami kendala pemasaran pada hasil kerajinannya.

    Warga Desa Paret Timur, misalnya, Rahmad Daeng Pahara (50) menuturkan hasil kerajinannya membuat berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan lainya dari kelapa dan turunannya sudah menjadi andalan Boltim dalam berbagai even pameran.

    “Pernah juara satu dalam lomba kerajinan tangan se-Boltim pada 2014 dan hadiahnya dikirim ke Bali untuk belajar kerajinan tangan,” kata suami tercinta Hamria Lasabuda (40) pada Selasa (11/10/2016).

    Hasil kerajinannya pun menjadi produk unggulan Boltim yang dipamerkan dalam pameran provinsi selama lima tahun terakhir.

    “Sudah dipamerkan keluar daerah seperti Jakarta semarang, Bogor, Samarinda dan Bandung. Tapi yang membawa pemda,” terangnya.

    Hasilnya beberapa orang telah memesan untuk dikirim keluar daerah.

    Namun tak disanggupinya karena alasan dana dan dia tak tahu cara memasarkan produknya.

    Beragam kerajinan yang dia kerjakan seperi trofi, vas bunga, souvenir atau kebutuhan kantor lainnya.

    Masalah seperti ini sering terjadi dikalangan para pengrajin, pemasaran dan modal memang sudah mejadi masalah klasik namun itu semua bisa di atasi di era digital ini pemasaran produk dengan meggunakan media internet sudah sangat mudah. Kita bisa menggunakan berbagai platfrom jual beli baik itu di web seperti kerajinan.id dan krafina.com atau menggunakan media social sebagai cara utuk kita memasarkan produk kerajinan

    Kerajinan.id sendiri siap membantu para pengrajin memasarkan produknya melalui web kami, kenapa harus dengan web bukankah dengan sosiaal media sudah cukup ?

    Social media itu seperti stand pameran dan web adalah toko yang sebenarnya, dselainitu web di pilih karna ke efekifan nya kenapa ?
    bayangkan anda memilikki marketing yang mempromosikan produk anda 24 jam sehari 7 hari seminggu.

    Informasi lebih lengkap tentang cara mempromosikan produk kerajinan anda bisa melalui email [email protected]

    Sumber : Tribun Manado

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment