Karakteristik Arsitektur Modern dan Inspirasi Kreasi Rumah


arsitektur modern

www.rumahkreative.id Arsitektur modern atau arsitektur modernis adalah sebuah istilah yang ditujukan untuk sekelompok gaya arsitektur yang muncul pada paruh pertama abad ke-20 dan menjadi dominan setelah Perang Dunia II. Ini berdasarkan pada teknologi pembangunan yang baru, terutama penggunaan kaca, baja dan bbeton.Dan setelah penolakan dari gaya Beaux-Arts dan arsitektur neoklasik tradisional yang populer pada abad ke-19

Apa Saja Karakteristik Arsitektur Modern?

arsitektur modern 1


Meskipun sekarang banyak bangunan yang berkembang terlihat seperti gaya arsitektur modern, namun kebanyakan gaya arsitektur ini merupakan perkembangan dari gaya arsitektur modern yang ada dan lebih sering disebut sebagai arsitektur kontemporer. Lalu, seperti apa sebenarnya karakteristik dari arsitektur modern?

Kesederhanaan sampai ke dalam inti desain

arsitektur modern kesederhanaan
Berkembang setelah era arsitektur yang lebih tradisional, arsitektur modern memiliki tampilan yang jauh dari kata sederhana jika dibandingkan gaya arsitektur tradisional yang lebih banyak diwarnai detail-detail dekoratif. Hadir dengan kesederhanaan ditengah-tengah gaya tradisional yang berkembang pada saat itu, tentu keindahan dari arsitektur modern lebih menonjol dan banyak diminati.
Pengguna konsep arsitektur modern sendiri memiliki prinsip bahwa kesederhanaan merupakan bentuk terbesar dari sebuah seni yang bisa menyampaikan bukan hanya cerita, tetapi juga kepribadian dari bangunan tersebut.

Elemen garis yang simetris dan bersih

arsitektur modern elemen garis

Hampir semua bangunan-bangunan ikonik bergaya arsitektur modern memiliki elemen garis yang sangat kuat. Baik itu elemen garis horizontal pada denah, hingga garis vertikal dan diagonal pada gubahan masa dan fasad bangunan. Termasuk pada fasad rumah atau fasad bangunan. Garis-garis bergelombang, lengkung atau garis-garis asimetrik akan sangat jarang kamu temukan pada bangunan-bangunan bergaya arsitektur modern.

Prinsip Less is More

arsitektur modern less is more

Ludwig Mies van der Rohe mempopulerkan istilah Less is More mengacu pada pendekatan minimalis pada bangunan. Tidak ada penggunaan ornamen atau elemen bangunan yang berlebihan. Setiap bagian terbentuk berdasarkan fungsi sekaligus keindahan secara bersamaan.

Kejujuran dalam penggunaan material

arsitektur modern material

Beberapa jenis material bahan bangunan yang sering digunakan pada bangunan-bangunan bergaya arsitektur modern adalah besi, beton, kaca, dan kayu. Keberadaan material ini akan mudah terasa dan terlihat pada bangunan baik dalam interior ataupun eksterior tanpa ditutupi atau dimanipulasi penggunaan material yang artifisial.

Rancangan yang terbuka dengan banyak elemen kaca

arsitektur modern kaca

Berbeda dengan tata ruang pada bangunan tradisional, bangunan bergaya arsitektur modern umumnya memiliki denah lantai yang jauh lebih terbuka dengan minimnya keberadaan pembatas ruangan dan juga banyaknya penggunaan kaca sebagai satu spot pemandangan dan pencahayaan sehingga rumah bergaya arsitektur modern umumnya terkesan sangat terbuka.

Hubungan dengan lingkungan sekitar

arsitektur modern lingkungan sekitar

Arsitektur modern umumnya selalu memiliki hubungan dengan topografi dari lingkungan yang sangat erat. Contoh terbaik mengenai hal ini adalah Fallingwater House yang memiliki hubungan langsung antara interior dan eksterior yang sangat mulus.

Inspirasi Kreasi Rumah Bergaya Arsitektur Modern

Rumah kontemporer merupakan bentuk modern dari estetika arsitektur. Banyak  arsitek yang menggabungkan berbagai gaya dan aliran ini hingga menghadirkan gaya desain yang kini lebih dikenal sebagai rumah kontemporer.
Sering tampil menonjol karena campuran berbagai gaya dan aliran. Rumah kontemporer atau bergaya arsitektur modern juga hadir tanpa karakteristik yang menyerupai karena influence dari setiap aliran dan gaya desain yang mungkin berbeda.
Inilah beberapa kreasi desain rumah kontemporer dari berbagai penjuru dunia yang bisa memberikan inspirasi dan imajinasi mengenai desain rumah kontemporer.

Desain Futuristik pada Rumah Kontemporer

arsitektur modern desain futuristik

Rumah kontemporer yang berada di Costa Rica ini dirancang oleh Canas Arquitectos  ,mengkombinasikan komposisi bentuk geometrik yang formal dengan sudut yang dinamis sehingga menghadirkan hunian rumah kontemporer yang modern dan memiliki nuansa desain futuristik.

Desain Rumah Kontemporer dengan Permainan Sudut

arsitektur modern permainan sudut

Hal yang menonjol dari rumah kontemporer yang berlokasi di Singapura ini adalah permainan sudut yang tak wajar. Dirancang pada 2014 oleh Mercurio Design Lab, hunian pribadi untuk keluarga ini seolah menjadi definisi baru dari arsitektur modern.
Dengan suasana homey rumah  ini berhasil menampilkan wajah yang menarik, tanpa membuang kesan kontemporer dan modern. 

Penerapan Bentuk Organik untuk Rumah Kontemporer

arsitektur modern bentuk organik

Rumah kontemporer selanjutnya merupakan karya dari SBM Studio yang berlokasi di Kharkov, Ukrania. Rumah kontemporer satu ini mampu memberikanmu berbagai suasana dari berbagai gaya desain mulai dari gaya desain rumah tropis, modern, hingga industrial.
Pengaplikasian material mentah yang diekspospenataan dan pemafaatan lanskap tanaman serta kombinasi antara bentuk geomterik dan organik memberikan nilai tambah dari desain kontemporer satu ini.

Rumah Kontemporer dengan Elemen Garis yang Dinamis

arsitektur modern garis dinamis

Kesan desain rumah kontemporer juga bisa didapatkan tanpa memberikan gubahan masa yang terlalu rumit. Permainan sudut dan elemen garis yang dinamis, memberikan kesan arsitektur modern seperti yang bisa kamu lihat dari rumah bergaya kontemporer karya Atrium Architects yang berlokasi di dekat kota Moskow.

Perpaduan Material dan Gubahan Masa pada Rumah Kontemporer

arsitektur modern gubahan
Perpaduan dari penggunaan material, pola, dan gubahan masa yang lebih berani juga bisa menjadi salah satu cara menciptakan gaya desain rumah kontemporer (arsitektur modern). Berlokasi di pinggir pantai rumah karya Parsonson Architects ini memiliki banyak bentuk, penggunaan material yang kontras serta mix and match pola yang menonjol untuk menciptakan gaya kontemporernya. Dan yang terpenting hunian ini tetap terlihat menarik dan juga nyaman untuk dihuni sebagai hunian pribadi.

Rumah Kontemporer dengan Konsep Tower

arsitektur modern tower

Rumah kontemporer satu ini merupakan hasil  transformasi dari hunian konvensional menjadi sebuah karya arsitektur kontemporer yang menarik.
Jika  umumnya hunian melebar kesamping, rumah ini dibangun secara vertikal seperti menara. Pemilihan material yang kontras namun tetap menciptakan komposisi yang estetis namun tidak konvensional  menjadi salah satu hal yang menarik dari hunia ini.  

Rumah Kontemporer dengan Wajah Minimalis

arsitektur modern minimalis
Lahir dari berbagai perpaduan gaya desain, rumah kontemporer satu ini merupakan eksplorasi dari gaya minimalis yang lebih jauh. Rumah pribadi yang berlokasi di Portugal ini merupakan karya dari Sequeira Architects .
Dengan bentuk dasar yang sangat sederhana serta pemilihan warna yang monoton, wajah dari hunian kontemporer ini tetap bisa tampil menonjol meski berada di kawasan yang dipenuhi berbagai desain rumah minimalis konvensional
Itulah beberapa kreasi rumah kontemporer yang dirancang oleh berbagai arsitek di penjuru dunia. Tak sulit menciptakan rumah kontemporer untuk hunian pribadi karena pada dasarnya tak ada aturan yang mengikat rancangan pada gaya kontemporer.

Sumber : www.wikipedia.com
                  www.dekoruma.com

Leave a Reply