Kerajinan Besi Khas Bali Yang Mendunia

    0
    40

    Bali memang sudah menjadi salah satu icon indonesia di mata dunia mulai dari pantai nyadan objek wisata alam lain nya yang tidak kalah menawan, selain itu berbagai souvenir serta hasil kreasi kerajinan khas bali kini juga di kenal masyaraat luar dan bahkan peminat nya terus meningkat, salah satunya adalah kerajinan besi khas kabupaten tabanan.

    Kerajinan besi khas Kabupaten Tabanan, Bali banyak diminati berbagai negara seperti Amerika, Belanda, Prancis, Inggris, Australia, Malaysia dan Jepang. Kerajinan ini banyak digunakan untuk hiasan dan mempercantik interior rumah tinggal disana.

    “Negara-negara tersebut paling banyak memesan kerajinan besi dari Tabanan, karena memiliki keunikan bentuk dan jarang ditemukan di negaranya,” kata Kepala Seksi Ekspor Impor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan Bali, Agung Pramono, di Tabanan

    Jenis kerajinan yang banyak diminati negara-negara itu di antaranya hiasan dinding berbentuk tumbuh-tumbuhan, tempat lilin, kerajinan besi berbentuk binatang serta berbagai bentuk lain nya.

    Pihaknya mencatat ekspor kerajinan ini sudah menembus total 4.100 pcs yang diproduksi tujuh pelaku usaha kerajinan besi yang terlibat menghasilkan produk itu di antaranya dari CV Mutiara, UD Ananta, UD Panorama, PT Lancar Sari, Dewi Asih Iron Hndycraf, Warna-Warni, dan Bali Sample.

    “Untuk produksi kerajinan besi tersebut banyak dipesan negara-negara itu tergantung pesanan, dan tidak dapat ditentukan dalam hitungan bulan,” ujarnya.

    Pihaknya mencatat nilai ekspor yang sudah dihasilkan pengrajin besi Tabanan senilai USD 187.883 pada Januari hingga Mei 2015.

    Agung Purnomo menambahkan ekspor kerajinan besi tahun 2014 mencapai mencapai USD 4,55 juta atau naik dari 2013 di mana nilai ekspor hanya USD 3,79 juta “Untuk ekspor kerajinan ini juga melihat kondisi ekonominya negara pengimpor kerajinan itu,” ujarnya.

    Putu Subagia, salah satu pengrajin di Tabanan mengakui permintaan kerajinan itu paling banyak dipesan dari negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, yang memesan kerajinan jenis hiasan dinding. “Paling banyak barang yang diminati dan diekspor jenis hiasan dinding karena memiliki keunikannya tersendiri yang sangat jarang ditemukan di negara-negara tersebut.”

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.