10 Kerajinan Dari Bahan Buatan dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Bahan Buatan sebelum kita membuat sebuah kreasi tentunya kita harus terlebih dahulu mengetehui beragai media dan bahan baku apa yang akan digunakan. Dan untuk kali ini kita akan mengulas tentang kerajinan dari bahan buatan, yang dimaksud dari   buatan adalah  sesuatu yang dapat diolah manusia dari bahan kimia dan perpaduannya, bukan asli dari alam.

Untuk kerajinan dari bahan alam bisa kamu baca di artikel berikut :

Kerajinan dari Bahan Alam Nusantara.

Tujuan penggunaan bahan buatan untuk kerajinan adalah untuk mendapatkan efek duplikasi dari bahan alam serta menambah variasi berbagai bahan baku untuk kerajinan. Bahan buatan untuk kerajinan yang dimaksud adalah berbagai jenis bahan alam yang mengalami proses pengolahan.

Dengan diberikan tambahan zat kimia sebagai pengubah karakteristik dari bahan buatan agar lebih mudah dibentuk dan diproduksi.

Jenis Bahan Buatan Untuk Kerajinan

Banyak sekali kerajinan dari bahan buatan dihasilkan produk yang dihasilkan di antaranya; aneka bros dari plastik, perabotan rumah  dari melamin, bunga dan daun palsu yang terbuat dari kain atau plastik, tas beraneka macam bentuk dan warna dari bahan kulit buatan. Semua tampak indah dan menarik.

Harganya pun bervariasi, sesuai kemampuan masyarakat. Apakah kamu dapat membedakan antara kerajinan yang terbuat dari bahan alami dan dari bahan buatan? Ternyata tidak mudah membandingkannya jika tidak diraba atau diperhatikan dengan saksama.

Dalam berkarya, salah satu unsur yang penting adalah pemilihan bahan yang tepat. Adanya bahan yang potensial di sekitar kita, akan memancing ide/gagasan dalam berkarya. Bahan buatan adalah material yang memiliki sifat tertentu yang dapat mempengaruhi hasil karya yang dibuat dari material tersebut.

Terdapat tiga kategori bahan, yaitu:

  • Bahan lunak, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Contoh yang sering dipakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan adalah gips, sabun batangan, lilin parafin, clay, styrofoam, karet busa, plastik lembaran,dll.selengkapnya tentang kerajinan dari bahan lunak : Jenis Dan Contoh Bahan Kerajinan Bahan Lunak
  • Bahan sedang, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik tidak terlalu lunak namun juga tidak terlalu keras. Contoh yang sering dipakai sebagai bahan kerajinan tangan adalah karet ban, plastik kotak kemasan produk, dsb.
  • Bahan keras, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik keras sehingga sukar dibentuk tanpa bantuan peralatan yang memadai. Contohnya adalah plat seng, aluminium, kaca, plastik atom, plastik mika, dsb.

 

Macam Contoh Produk Kerajinan Dari Bahan Buatan

 

1. Kerajinan Gips / Gypsum

Kerajinan Gypsum

Gypsum adalah bahan mineral yang sifatnya tidak mudah larut air dalam jangka waktu yang lama jika gips ini sudah menjadi padat. Gypsum mengandung beberapa macam  zat, seperti hidrat kalsium sulfat dan juga bebera[a jenis mineral seperti karbonat, nitrat, sulfat, borat yang terlepas sehingga gypsum dalam proses menjadi keras akan menghasilkan panas.

kerajinan gips mulai banyak diminati masyarakat Indonesia, karena pembuatannya terbilang lebih cukup mudah, jika dibandingkan dengan bahan kerajinan fiberglass.  Jika akan dibuat atau produksi dalam jumlah masal, harus di buat model lalu dibuat cetakan terlebih dahulu kerajinan gypsum tersebut.

Bahan utama dalam pembuatan cetakan gips yaitu silicone rubber. Namun apabila jika ingin membuat yang  mudah, ekonomis  dan tidak sulit dicari bisa menggunakan bahan seperti plastisin atau tanah liat. Umumnya kerajinan dari gips ini berupa hiasan dinding atau mainan.

Untuk Ulasan lengkap tentang kerajinan gypsum baca : Pengertian Kerajinan Gypsum dan Cara Membuatnya

2. Kerajinan Lilin

kerajinan lilin

Dalam Sejarah mencatat bahwa penggunaan lilin sudah digunakan sejak  3000 SM yang dimana kala itu  menggunakan alang-alang yang menjadi sumbunya. Seiring perkembangan selanjutnya, orang-orang Mesir saat itu menggunakan sumbu serat sebagai pengganti dari alang-alang.

Pada zaman sekarang ini sudah ditemukan cara membuat lilin yang lebih ekonomis serta praktis, bahkan dapat menjadi kerajinan atau hiasan yang ada di rumah.

Jika memiliki kamu lilin yang bentuknya bagus maka bukan hanya akan menjadi penerang rumah ketika mati lampu, tetapi juga bisa menjadi sebuah  hiasan yang indah di rumah-rumah.

Pembuatan kerajinan dari bahan lilin ini merupakan yang terbilang paling mudah dan juga sederhana dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Kerajinan lilin juga bisa dilakukan oleh hampir semua orang.

Untuk kreasi bisa dengan menggunakan teknik mengukir lilin secara langsung atau mencairkanya terlebih dahulu. Jika  ingin membuat lilin dengan berbagai bentuk yang unik dan sesuai konsep maka bisa untuk mencairkannya terlebih dahulu dengan cara memanaskannya di atas api atau kompor. Contoh hasil kreasi kerajinan dari bahan lilin ini yaitu bunga lilin atau berbagai hiasan lainnya.

Untuk Ulasan lengkap tentang kerajinan lilin baca : Cara Membuat Lilin Hias Kubus

3. Kerajinan Sabun

Kerajinan Dari Bahan Buatan sabun
Kerajinan Dari Bahan Buatan ini merupakan salah satu jenis kerajinan mengandalkan sabun sebagai bahan baku utamanya, umumnya yang digunakan sabun mandi batangan atau sabun padat.

kreasi yang satu dapat anda kerjakan untuk mengisi waktu luang, dan menyalurkan hobi dan juga dapat untuk bisnis atau  dijual.

Untuk membuat kerajinan dari sabun ada dua cara untuk mengolah sabun menjadi kerajinan. Pertama, dengan teknik mengukir sabun tersebut dengan pola yang diinginkan seperti binatang, buah, bunga, dan lain nya.

Yang kedua adalah membentuk sabun dengan memarutnya hingga menjadi bubuk, kemudian dicampur dengan sagu dan sedikit air, dan dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari bahan plastisin.

 

 

4. Kerajinan Bubur Kertas

Kerajinan Dari Bahan Buatan bubur kertas

Berbagai macam jenis kerajinan tangan dapat dibuat menggunakan beraneka ragam bahan dasar kertas yang dapat dilakukan adalah membuat bubuk kertas sebagai bahan kerajinan tangan. Sisa dari kertas yang sudah tidak digunakan ternyata dapat dimanfaatkan dengan mmbuat membentuk aneka ragam kreasi kerajinan.

Bubur kertas ini merupakan hasil pemrosesan kertas bentuk lembaran menjadi bentuk yang lembek seperti bubur. Kertas yangakan  digunakan haruslah yang mudah hancur dengan air, dalam hal ini yang paling cocok adalah kertas koran. Cara membuat bubur kertas diantaranya sebagai berikut ini :

  • Siapkan bahan bahan seperti kertas koran bekas dan lem rajawali serta air.
  • Siapkan juga alatnya berupa gunting, ember, dan cutter.
  • Sobek kertas dengan gunting maupun cutter menjadi bagian kecil kecil (semakin kecil ukurannya maka semakin cepat dan mudah hancur)
  • Rendam sobekan kertas tersebut didalam ember berisi air sampai benar benar hancur (untuk hasil yang lebih baik rendamlah semalaman)
  • Keringkan bubur kertas yang terbentuk dari air dan sisakan sedikit air.
  • Tambahkan lem rajawali secukupnya dan perhatikan perbandingan antara air, lem rajawali, dan kertas untuk mendapatkan hasil yang baik.

Untuk Ulasan lengkap tentang kerajinan Bubur Kertas :

5. Kerajinan Plastik

Kerajinan Dari Bahan Buatan  plastik

Di era modern ini  proses daur ulang plastik ini sudah cukup dengan segala perkembangan teknologi yang ada, namun apa salahnya mengasah sedikit kreatifitasmu dengan mendaur ulang sampah jenis ini menjadi kerjinan plastik yang menarik.

Banyak sekali kreasi dari kerajinan tangan plastik seperti botol air mineral yang bisa kita sarana membuat kerajinan dari botol bekas. Dan ada beberapa jenis bahan yang sebenarnya bisa kita gunakan sebagai bahan utama membuat kerajinan dari plastik, diantaranya seperti gelas aqua, tutup botol bekas, kardus bekas, kaleng bekas dan bahan-bahan bekas yang lainya.

Untuk Ulasan lengkap tentang kerajinan plastik baca :

 

6. Kerajinan Fiberglass

Kerajinan Fiberglass

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah Kerajinan dari bahan Fiberglass merupakan kerajinan yang tebuat dari campuran  bahan kimia yang kita sebut dengan campuran bahan seperti katalis, resin dan calk. campuran bahan bahan terbut akan bereaksi, sehingga menjadi adonan yang dapat mengeras.

Adonan bahan kimia yang dapat mengeras tersebut dibentuk menggunakan cetakan seperti silikon ruber, pada saat sekarang ini banyak sekali jenis aksesoris atau membuat body alternatif menggunakan bahan fiber ini.

Produk yang dapat dibuat seperti membuat body kendaraan,seni patung, kreasi aksesoris, souvenir, panah fiber dan berbagai aksesoris lainya, kamu bisa mendapatkan jenis bahan kerajinan ini di toko kimia tertentu, dan juga bisa di beli online

selengkapnya tentang kerajinan fiberglass bisa di baca di : Pengertian Resin Fiberglass dan Takaran Penggunaan Untuk Kerajinan

7. Kerajinan Kain

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah kerajinan kain. Buat kamu yang suka banget dengan jahit-menjahit dan sedang mencari cara untuk bisa lebih kreatif, kamu bisa membuat kreasi kerajinan cantik. kamu bisa membuat kreasi kerajinan dari kain, yang tentunya mudah dibuat.

Bahan-bahan kerajinan kain  yang digunakan pun cukup terjangkau, bahkan bisa dapat dengan cuma-cuma alias gratis. Seperti misalnya menggunakan kain perca atau bahan-bahan kain kiloan. Dengan sentuhan sedikit kreativitas, kamu dapat memberikan nilai tambah kain perca yang tidak digunakan.

selengkapnya tentang kerajinan kain bisa di baca di :

8. Kerajinan Clay

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah kerajinan clay. Pengertian Clay adalah bahasa inggris yang berarti tanah liat. Di Indonesia sendiri kata clay menjadi kata yang cukup populer dan biasanya di identikan dengan sebuah kerajinan tangan.

Kerajinan Clay adalah suatu karya seni kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tanah liat. Namun saat ini, kerajinan tangan dari clay tidaklah harus dari bahan dasar tanah liat, kita dapat menggunakan tepung sebagai bahan pengganti dari tanah liat.

Saat ini kerajinan berbahan clay mulai merambah keseluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa. Selain karena mudah dipelajari, peralatan dan bahannya mudah didapat serta aman untuk digunakan.

selengkapnya tentang kerajinan clay bisa di baca di :

Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat Simple

9. Kerajinan Kaca

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah kerajinan kaca. Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kaca, baik itu yang sederhana hingga yang rumit. Beberapa jenis kerajinan kaca bisa kamu buat dengan berbagi teknik seperti decopage,teknik kaca patri yang menggunakan bingkai logam, teknik kaca grafir yang dibuat dengan menyemprotkan pasir, ataupun kaca bevel yang digerinda berkali-kali.

selengkapnya tentang kerajinan kaca bisa di baca di :

10. Kerajinan Kulit Sintetis

Kerajinan Dari Bahan Buatan yang terakhir adalah, Kerajinan dari kulit merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar kulit. Kulit yang digunakan bisa kulit hewan seperti ular, buaya, biawak, sapi, kambing, kerbau, dan lainnya. Kerajinan kulit pun bermacam-macam, ada yang dbuat menjadi tas, sepatu, sandal, lukisan, sabuk, dompet, hiasan dinding, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk membuat  berbagai macam kerajinan kulit, kita memang harus mengeluarjan biaya agak mahal, karena bahan kerajinan kulit yang asli memiliki harga yang lebih tinggi  dari bahan kulit sintetis atau jenis bahan alam lainnya.

Untuk itulah kreasi kerajinan dari kulit sintetis mulai di kembangkan, kamu bisa membuat berbagai kerajinan kulit sintetis yang serupa dengan kerajinan kulit asli.

selengkapnya tentang kerajinan kulit bisa di baca di :

Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang, Sebuah Tujuan Wisata di Garut

Cara Membedakan Kulit Asli Atau Kulit Sintetis

Peluang Usaha Kerajinan Kulit Hand Made Unik

 

 

Nah itulah berbagai Kerajinan Dari Bahan Buatan yang bisa kamu buat sebagai referensi, kami akan terus update info terbaru seputar industri kreatif di situs rumah kreative, jadi pastikan kamu ikuti terus perkembangan kami.
dengan memfollow sosial media kami di

*Facebook: rumah kreative

Tinggalkan Koment