Kerajinan Dari Limbah Kulit Jagung

4606

Seperti yang telah diketahui bahwa kulit jagung merupakan limbah hasil pertanian. Namun apabila kita  bisa mengkreasikan  limbah kulit jagung menjadi aneka macam kerajinan tangan yang bernilai  daya guna tinggi. Bahkan ada beberapa pengrajin kulit limbah mampu memasarkan produknya hingga ke mancanegara karena produk dari kulit jagung yang ia buat sangat unik dan diminati oleh masyarakat di sekitarnya maupun penjuru dunia. Untuk yang diperoleh pengguna juga sangat banyak karena mengingat bahan utama yang digunakan adalah kulit jagung yang tidak bisa dijual dengan harga tinggi.

Berikut ini Daftara Kerajinan Dari Limbah Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan limbah organik basah, maka kulit jagung memiliki kandungan air yang tinggi. Cara pengolahannya dengan proses sederhana dan relatif mudah yaitu dengan panas sinar matahari hingga kering. Setelah kering kulit jagung dapat di warnai, lalu dikeringkan, dan disterika agar lembarannya dapat terlihat labih halus atau rata dan mudah dibentuk.

Kerajinan bingkai dari kulit jagung memiliki banyak macam yang bisa dijadikan hobby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif. Diperlukan rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan untuk menghasilkan barang kerajinan kulit jagung dan cara gambarnya.

Berikut beberapa kreasi kerajinan dari limbah kulit jagung:

1. Kipas dari kulit jagung

kerajinan limbah kulit jagung

Pada jaman modern saat ini mungkin untuk kipas tangan sudah tidak diperlukan lagi di beberapa daerah yang ada di kota besar. Namun tidak semua buktinya eksistensi kipas masih terus meningkat, dengan bentuk kipas yang unik dan motif yang menarik kipas yang terbuat dari limbah kulit jagung ini pasti banyak diminati .Kearjinan kulit jagung memiliki bayak jenis yang dapat di jadikan sebagai usaha atau hasil yang dapat menambah penghasilan anda.Dan kerajinan ini di dapat dari tangan-tangan kreativ ynag membutuhkan kreativitas tinggi untuk memperoleh hasil yang di inginkan.Kerajinan limbah kuilt jagung yang biasanya menjadi hal yang tidak di butuhkan.Siapa yang mengira bahwa kulit jagung yang semua limbah akan menjadi kerajinan yang dapat menghasilkan uang.Kerajinan kulit jagung ini dapat di buat menjadi kerajinan kipas yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

2. Hiasan lampu dari kulit jagung

kerajinan limbah kulit jagung

Anda dapat membuat kerajinan limbah kulit jagung ini dengan cara kreasikan dengan menyetrika kulit jagung hingga rata. Kemudian kulit jagungg digunting sesuai bentuk yang diinginkan atau yang akan di buat. Selanjutnya guntingan kulit jagung ditempelkan satu persatu pada lembar fiber menggunakan lem.Hingga seluruh permukaan fiber tertutup oleh limbah kulit jagung. Proses selanjutnya adalah memasang fiber yang sudah ditempel kulit jagung pada sebuah rangka bambu pada hiasan lampu. Setelah selesai tinggal memasang dudukan lampu bohlam pada bagian bawahnya. Dan jadilah sebuah lampu unik dari limbah kulit jagung.

Lampu hias masih menjadi favorit untuk dekorasi rumah atau ruangan, anda bisa membuat lampu hias dari limbah kulit jagung ini, dengan motif kulit jagung yang khas bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam kerajinan limbah kulit jagung ini.

3. Tempat pensil dari kulit jagung

kerajinan limbah kulit jagung

Buat kamu yang pelajar pasti butuh yang namanya tempat pensil,  dengan memanfaatkan limbah kulit jagung kamu bisa membuat tempat pensil ini, dengan bentuk yang beraneka ragam dan motif yang unik bisa menambah suasana yang nyaman dan membuat tambah semangat dalam belajar.Berikut ini cara membuat temat pensil dari limbh kulit jagung.

 Pertama yang harus kamu lakukan adalah potongan limbah kulit jagung menjadi tiga bagian.Yang ada di potong menjadi 3 jangan sampai satu ujungnya putus  atau masih berhubungan.Lalu dikelabang atau di kepang seperti cara mengepang rambut. Kemudian, pakai lem tembak untuk menyambung beberapa kepangan yang sudah jadi. Kemudian, dibentuk kotak atau lain lainnya anda bisa juga menambahkan triplek atau kerdus bekas di ujung tempat pensil

4. Bunga dari kulit jagung

kerajinan limbah kulit jagungKerajinan tangan dengan bentuk bunga sangat banyak sekali  kreasi dan varian bahan nya mulai dari bahan plastik, kain yang notabene bahan anorganik, anda juga bisa membuat kreasi bunga dengan bahan limbah organik salah satunya menggunakan limbah kulit jagung, kreasi kerajinan dari kulit jagung ini tidak kalah indah nya dengan bunga asli.Anda dapat membuatnya dengan cara pertama
Siapkan Bahan dan Alat  yang harus dilakukan dalam cara membuat bunga dari kulit jagung adalah dengan mempersiapkan alat dan bahannya. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu gunting, lem tembak, kulit jagung, pewarna makanan, ranting pohon, botol sirup bekas, kertas kado, dan pulpen.Selanjutnya pewarnaan pada limbah kulit jagung.Setelah itu bentukah yang sesuai yang di inginkan seperti membentuk pola daun dan mahkota bunga.Setelah membentuk pola yang di inginkan kemudia rangkai kelopak bunga dan daun.Dan yang terakhir peletakan denagn cara meletakan rangkaiyan bunga ke dalam vas cantik atau botol kemudian letakan vas anda pada pojok ruangan anda.

5. Kerajinan tangan kotak tisu dari kulit jagung

kerajinan limbah kulit jagung

Cara membuat kerajinan kota tisu dari limbah kulit jagung yaitu yang pertama adalah siapkan kertas karton manila lalu dibentuk balok .Kemudian setelah terbentuk siapkan daun jagung yang sudah kering dan diseterilkasikan serta dipotong seperti kotak-kotak atau seukuran dengan kertas karton yang sudah dibentuk balok.Setelah itu, kulit jagung diberi lem atau baloknya untuk merekatkan limbah kulit jagung .Lalu biarkan sampai kering setelah itu baru bisa digunakan . Ukuran kotak tisu  sesuaikan dengan keinginan anda.

Tempat tisu sangat cocok sebagai pelengkap hiasan meja dan memiliki daya guna pada kehidupan sehari-hari, kreasi tempat tisu dari kerajinan limbah kulit jagung ini bisa jadi kreasi yang  unik karena biasanya tempat tisu terbuat dari kertas atau plastik saja.

6. Topi dari kulit jagung

kerajinan dari limbah kulit jagungAdapun topi yang biasa dibuat dari limbah kulit jagung ini adalah layaknya topi pantai. Dengan bagian permukaan topi yang lebar sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari. Kita tahu  bahwa salah satu fungsi topi yaitu melindungi kepala dan rambut dari pancaran sinar matahari. Memakai topi ini juga bisa membuat pemakai topi ini tampak lebih modis terutama bagi wanita.  Kerajinan topi dari limbah kulit jagung sudah mulai banyak diproduksi dan bahkan dijual secara online ataupun offline. Anda dapat membeli topi ini di beberapa situs penjualan online maka anda akan mendapati penawaran topi kulit jagung dengan berbagai macam harga.

7. Boneka dari kulit jagung

kerajinan dari limbah kulit jagung

Kulit jagung yang digunakan untuk membuat boneka ini diusahakan yang masih berwarna hijau dan tidak kering. Untuk mendapatkannya, anda bisa mencari atau mungkin membelinya di toko-toko yang menjual sayuran . Anda juga bisa menggunakan kulit jagung yang masih fresh yang baru dicopot dari jagunnya. Bilaa anda mendapatkan kulit jagung kering,  sebelumnya anda harus di rendam terlebih dahulu dalam air hangat. Tujuannya agar limbah kulit jagung menjadi lebih lentur dan nantinya gampang dibentuk pada pembuatan boneka kulit jagung ini.Kemuadian buatlah boneka dari kerajina limbah kulit jagung ini.

8. Gantungan kunci

kerajinan dari limbah kulit jagung

Gantungan kunci masih terus diminati sebagai sovenir dan aksesoris oleh banyak orang, para pengrajin pun terus berinovasi membuat berbagai jenis gantungan kunci yang unik dan kreative, anda juga bisa membuat berbagai kreasi gantungan kunci dari kerajinan limbah kulit jagung ini.
Cara membuat gantungan kunci dari kulit jagung yaitu  dengan cara yang pertama yang harus anda lakukan adalah Tentukan dahulu bentuk yang akan dibuat.Kemudian siapkan kulit jagung yang utuh dan kering. Lalu ambil satu kulit jagung, lipat menjadi dua dan dirapikan. Kemudian ambil beberapa kulit jagung yang lain dan samakan ukurannya denagan yang pertama. Kemudian kulit jagung tersebut dijalin seperti  membuat ketupat. Setelah selesai, pada bagian ujung diberi sisa kulit jagung yang agak panjang, kemudian dibuat lipatan kecil yang ditempelkan pada badan ketupat.Setelah itu Lipatan kecil tersebut dimasukkan ke dalam gantungan besi. Dan yang terakhir adalah cat ketupat dengan cat pernis agar hasilnya mengkilap.anda  bisa menambahkan asesoris lain seperti mewarnainya dengan cat kain sebelum dipernis dan ditempeli dengan hiasan lainnya.

9. Pakaian dari kulit jagung

kerajinan dari limbah kulit jagung

Pada perkembangan teknilogi saat ini Limbah dari kulit jagung ini dapat di jadikan sebagai pakaian yang erfungsi sebagai pelundung.Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh atau tempat tinggal .Kita mengetahui bahwa manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutupi dirinya sendiri. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, atau kedudukan seseorang yang memakai pakaian. Perkembangan dan jenis-jenis pakaian terus berkembang sesuai perkembangan zaman dan mode berbagai jenis pakaian yang sudah di ciptakan.Bahkan kini pakaian tidak hanya terbuat dari kain baik yang baru maupun kain perca, bahkan kini pakaian bisa dibuat dari barang bekas atau limbah. Salah satunya anda bisa membuat pakaian ini dengan bahan dasarkerajiana limbah kulit jagung ini, bahkan hasilnya tidak kalah dengan pakaian-pakaian dari bahan lain seperti kain yang biasanya di buat.

10. Vas bunga Dari Kulit Jagung

kerajinan dari limbah kulit jagung

Sebagai pelengkap hiasan bunga di ruangan bisanya menggunakan vas.Vas bunga ini sebagai tempat bunga hias. Vas bunga yang biasanya terbuat dari keramik dan kaca.Namun, kini dengan sedikit kreativitas anda bisa membuatnya menggunakan kerajinan  limbah kulit jagung ini.Anda dapat membuat vas ini dengan cara yaitu:

Bahan yang harus di siapkan adalah  kulit jagung, kardus, lem kayu, cat minyak, kuas,dan gunting. Yang pertama yang harus anda lakukan adalah kulit jagung terlebih dahulu dikeringkan  di bawah sinar matahari. Dan limbah kulit jagung juga bisa anda dibentuk.Kemudian siapkan bahan tambahan  seperti kardus.Lalu kardus dibentuk silinder atau seperti bentuk vas bunga sesuai selera anda ketika bahan kardus itu sudah dibentuk sesuai selera anda barulah kulit jagung  di tempel dengan  lem kayu.Setelah itu dikeringkan terlebih dahulu dan baru dibuat sesuai kreasi anda dengan menggunakan cat minyak.
Itulah beberapa kreasi kerajinan dari limbah kulit jagung yang bisa anda buat sesuai kreasi anda. Semoga dapat memberi ide dan inspirasi anda dalam berkarya membuat kerajinan dari limbah kulit jagung.
5/5 (1)

Please rate this

Tinggalkan Koment