Kerajinan Kardus Bekas Unik Jadi Celengan

    0
    16

    Kerajinan Kardus Bekas Unik Jadi Celengan – Sebagian besar dari kita pasti tak asing lagi dengan benda penyimpanan uang yang dinamakan celengan. Benda yang identik dengan bentuk babi atau ayam jago ini memang bisa jadi media yang baik untuk membantumu hidup lebih hemat lagi. Kapan saja kamu jadi bisa menabung sisa uang jajan atau uang bulanan. Sampai gak terasa celengan tiba-tiba gendut dan bikin kamu bahagia.

    Daripada mengeluarkan banyak uang untuk beli celengan, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Celengan unik itu tak harus dibuat dibuat dari tanah liat atau plastik kok, kardus bekas juga bisa jadi penggantinya. hanya dengan modal kardus bekas dan tali di bantu beberapa peralatan kamu bisa membuat kerajinan kardus bekas menjadi celengan.

    Berikut salah satu cara membuat celengan dari kardus bekas :

    Alat dan bahan:

    a. Kertas kardus – hanya butuh sekitar panjang 50 cm x lebar 40 cm.
    Untuk celengan kecil bisa memakai kardus tipis (3 mm) namun untuk celengan lebih besar supaya memakai kardus lebih tebal pula.

    b. Gunting

    c. Penggaris siku dan Pensil

    d. Tali paracord / tali sepatu / tali lain yang sobat punya, sebaiknya menggunakan tali berwarna biar
    hasilnya keren.

    e. Paku – untuk membuat lubang pada kertas kardus, ukuran paku sesuaikan dengan ukuran tali agar nanti bisa masuk ke lubang.

     Cara membuat celengan dari kardus bekas:

    1. Membuat pola kubus

    Siapakan lembaran kardus, pensil dan penggaris siku, buatlah gambar – 6 buah kotak persegi sama sisi dengan ukuran 10 cm x 10 cm.

    • Silakan lihat gambar, pasti sobat ingat kembali pola yang pernah sobat buat saat SD, yaitu kotak sama sisi sejumlah 6 buah yang dibuat berdempetan satu sama lain, membentuk seperti salib.
    • Perhatikan bahwa ada 3 buah kotak yang di beri lebihan sekitar 2 cm saja, kelebihan ini nanti dipakai untuk tali pengikat.
    • Saatnya menggunting kardus sesuai gambar pola.

    1 pola pembuatan kubus

    2. Membuat lubang ikatan

    Jika di sekolah kita membangun kubus kertas dengan cara di lem, namun kali ini kita membuat ikatan dengan tali agar hasilnya unik dan keren.

    Caranya:

    • Siapkan paku, lubangi sebanyak 4 buah pada pinggiran kotak dan pada bagian lebihannya, jarak antar lubang adalah sekitar 2 cm. (lihat gambar).
    • perhatikan bahwa ada 2 buah kotak yang tidak di lubangi pinggirnya, 2 buah kotak ini adalah sebagai dasar kubus dan puncak kubus.
    • Untuk puncak kubus buatlah lubang persegi panjang dengan ukuran 3 cm x 1/2 cm sebagai akses masuk uang koin ataupun uang kertas.

    2 pelubangan untuk tali ikat

    F6WLIR5H461OY4F.SMALL

    FB1Z0XSH461XEVN.SMALL

    3. Pembangunan Kubus / Box

    Silakan lipat kertas kardus sesuai garis pola, gunakan bantuan penggaris agar lipatan bisa lurus dan bagus.
    Hubungkan antar lubang dengan tali untuk mengikat rangkaian kubus, caranya:

    Pertama kali Buatlah simpul pada ujung tali, lalu masukkan ujung tali satunya dari dalam hingga simpul mentok menyentuh pada dinding dalam kubus. Secara berturut-turut, lanjutkan masukkan tali berputar dari satu lubang ke lubang lainnya, sampai dengan semua dinding kubus telah terikat.

    FCIQEUEH461X9B7.MEDIUM

    FFVE1XGH461DC22.MEDIUM

    FITOXNUH461OY57.SMALL

    FOXCQWAH461X9AV.MEDIUM

    3 cara bikin celengan dari kardus

    Nah itulah cara untuk membuat celengan unik dari kardus bekas, dengan memanfaatkan sedikit keterampilan kita bisa membuat kerajinan yang sangat unik dan bermanfaat.

    Leave a Reply