Kerajinan Tempurung Kelapa Karangasem Bali

152
Kerajinan Tempurung Kelapa Karangasem

Beda daerah beda pula kerasinya, walaupun menggunakan bahan yang sama, seperti jika di Cilacap limbah tempurung kelapa diolah menjadi kerajinan topeng yang cukup menarik, maka di karangasem Bali kita akan menemukan kreasi pemanfaatan ulang limbah tempurung kelapa menjadi sebuah bentuk kerajinan yang berbeda dari yang lain dan tidak kalah menarik.

tepatnya Di desa Waliang, Karangasem, Bali tempurung kelapa ini biasa dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan baik kerajinan fungsional maupun untuk dekoratif seperti tempat kerajinan buah, tamas, tempat nasi dan banyak lagi.

Selain karena keindahannya menggunakan tempurung kelapa juga  sekaligus  ramah lingkungan, Selain itu kreasi yang bisa dibuat juga bisa berbagai macam dengan peralatan yang tidak terlalu banyak serta pengerjaan nya yang terbilang mudah.

Penggunaan tempurung kelapa menjadi hasil kerajinan tentu sangat membantu menjaga lingkungan karena mampu mengurangi limbah sisa produksi dari olahan kelapa, Di kabupaten Karangasem Bali sendiri banyak sekali tumbuhan  pohon kelapa. Sehingga  produk kerajinan ini mudah dijumpai dan memiliki tingkat kontinuitas yang tinggi serta memiliki masa yang dapat berkembang lebih besar lagi.

 

Keunikan Kerajinan Tempurung Kelapa Karangasem

Keunikan yang di temukan dari kerajinan tempurung kelapa yang ada di Waliang adalah berbeda dengan pembuatan kerajinan serupa di daerah lain. Keunikan tersebut dari proses pembuatan dari kerajinan tempurung kelapa yang biasanya di ukir namun di daerah ini  dianyam.

Dalam proses penganyaman ini sendiri sama seperti yang lain batok kelapa di olah dengan di buang sabutnya lalu di proses sehingga berbentuk mata koin, selanjutnya barulah masuk proses penganyaman sesuai dengan model yang di inginkan.

untuk tahap akhir produk kerajinan tempurung kelapa ini lalu di beri vernis untuk menambah warna dan corak alami, serta juga untukmenjaga agar kerajinan ini tetap awet. Untuk harga Kerajinan Tempurung Kelapa ini juga terbilang cukup murah apalagi jika anda datang langsung ke sentra pengrajin yang ada di Bali

Sempatkanlah berkunjung jika anda berada di Bali untuk  singgah ke Desa Waliang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, anda dapat mengamati langsung proses produksi pembuatannya, Kerajinan Tempurung Kelapa Karangasem Bali khas Desa Waliang.

atau untuk informasi resmi tentang sentra kerajinan bali anda dapat kunjungi web resmi

Berikut ulasan dari net tv tentang Kerajinan Tempurung Kelapa Bali Desperindak karan asem berikut : http://disperindag.karangasemkab.go.id/2018/10/08/kerajinan-batok-kelapa-di-desa-waliang/

 

Selain desa waliyang, bali juga memiliki berbagai sentra kerajinan batok kelapa lain nya dengan teknik dan kreasi yang tidak kalah menarik, simak ulasan dari net bali berikut.

No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment