Mutiara Air Tawar Lombok Yang Berkilau dan Khas

73
Mutiara air tawar Lombok

Mutiara Air Tawar Lombok seperti sudah menjadi mendarah daging, mutiara air tawar merupakan identitas yang melekat di keduanya seperti tidak dapat terpisahkan,ya tentu saja belum pas rasanya jika berkunjung ke pulau Lombok tanpa membeli oleh-oleh mutiara air tawar .

Lombok tidak terkenal akan  kaya dengan keindahan alam, pantai, serta produk kerajinan tangan khas, serta kuliner lainnya. Lombok juga terkenal dengan mutiaranya, biasa di jumpai di berbagai tempat di pulau ini banyak tempat penjualan mutiara mulai yang kaki lima sampai ke galeri-galeri.

Sentra Kerajinan Khas Lombok Sekarbela

kawasan di sepanjang jalan Sultan Kaharudin. Sepanjang jalan terlihat deretan kios maupun toko yang menjual aneka perhiasan berhiaskan mutiara. Perhiasannya bermacam, ada yang berbahan dasar emas kuning, emas putih, perak, atau sekedar berlapis emas, bahkan yang berbahan dasar stainless.

Tentu harganya bervariasi tergantung bahan dasar perhiasan dan jenis mutiaranya, yang menjadi ciri khas Lombok adalah perhiasan-perhiasan tersebut dikombinasikan denga mutiara

Jangan hanya berwisata tanpa membawa oleh-oleh khas Lombok. Lombok tidak hanya kaya pantai dan pura, tapi juga sentra souvenir khas pulau ini. Salah satunya di Kelurahan Sekarbela, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Anda akan dimanjakan oleh hasil kerajinan mutiara yang memesona dan menggoda kocek Anda.

Daerah yang berjarak 4 km dari kota Mataram ini merupakan sentra penghasil perhiasan mutiara air tawar . Begitu anda memasuki daerah ini tepatnya  anda akan disuguhi berbagai deretan toko perhiasan yang patut di kunjungi. Awalnya desa ini adalah sebuah kampung persawahan biasa, namun semenjak kerajinan mutiara dan juga emas mulai menjadi tulang punggung perekonomian warga lokal, kini berubah dari hamparan sawah melainkan menjadi hamparan perhiasan dengan desain beraneka ragam.

Meski begitu terkenal kini dahulunya para pengrajin perhiasan di desa ini sempat putus asa karena pada awal usaha perhiasanemas-nya kala itu tak kunjung menampakkan hasil yang maksimal. Namun seiring berjalan nya waktu lambat laun sejak mereka mencoba menggabungkan antara emas dan perak, kini produk mereka kian diminati masyarakat luas.

Di SentraSekarbela ini anda akan diberi banyak sekali pilihan design perhiasan mulai dari perhiasan gelang, kalung, anting anting, bros dan aksesoris lainnya. Baik yang menggunakan bahan perak atau emas. Yang sangat disukai pembeli adalah jenis perhiasan dengan modifikasi seni ukir emas dengan kilauan mutiara air tawar . Pengunjung dapat berbelanja dengan berbagai macam metode, karena hampir semua toko perhiasan di Sekarbela bisa menerima pembayaran cash atau menggunakan kartu kredit dan bahkan mata uang asing seperti dollar.

Perbedaan Mutiara Air Laut Dengan Mutiara Air Tawar

Lalu apa yang membuat mutiara air tawar berbeda dengan mutiara air laut

Mutiara air tawar adalah mutiara yang tumbuh dalam lingkungan non-garam dalam kerang air tawar.

Mutiara air tawar hasil budidaya jarang berbentuk bulat sempurna atau bahkan hampir bulat, lebih sering berbentuk oval bahkan baroque (tidak teratur),. Bentuk mutiara air tawar lombok yang hampir bulat adalah bentuk yang paling dicari

harga 1 butir mutiara sendiri beragam mulai dari 80.000 sampai ratusan ribu

unsur utama yang menentukan harga mutiara air tawar lombok  yaitu Mutiara diberi harga sesuai dengan kondisi ukuran, bentuk, kilau, warna dan nacre.

1. diameter : semakin besar, semakin mahal harga mutiara air tawar lombok itu

2. bentuk : bulat, semakin mahal harga mutiara air tawar lombok tersebut

3. kilau : yang bersinar, semakin baik dan tentunya akan semakin mahal harga mutiara air tawar lombok itu

4. warna : warna langka lebih mahal. putih, pink dan lavender yang paling umum.

5. nacre : nacre yang lebih tebal akan lebih baik sehingga akan semakin mahal harga mutiara air tawar lombok itu

di Cina telah memanen mutiara air tawar dalam bentuk mabe sejak abad ke-13, dan sekarang telah menjadi pemimpin dunia dibidang produksi mutiara air tawar dunia

lalu apa yang membuat mutiara dari Lombok berbeda dank has

Mutiara air tawar lombok berbeda dari mutiara hasil dari budidaya mutiara lainnya, bahwa sebagian besar dari mereka tidak memiliki nukleus manik-manik. Moluska air tawar yang bernukleus dibuat dengan cara membuat sayatan kecil di jaringan mantel berdaging dari kerang mutiara air tawar yang berusia 6 sampai 12 bulan, kemudian memasukkan selembar jaringan mantel dari kerang donor (berukuran 3 mm).

Cara membedaka Mutiara Air Laut dengan Air Tawar serta Mutiara Palsu

Namun terkadang orang awam sulit membedakan antara mutiara air laut,mutiara air tawar serta mutiara sintetis atau imitasi, berikut adalah cara membedakan jenis mutiara

  • Mutiara Air Laut

Pembuatan : Mutiara itu dibudidayakan di laut

Bentuk : Bentuk lonjong, bulat, setengah lingkar dan tidak beraturan

Warna : Putih, gold, kuning, hitam, hitan keabu-abuan, hitam kemerah-merahan, putih kekuningan dan silver

Berat : Besar dan berat sama atau sesuai

Harga : Harga ditentukan oleh berat, warna, kaulitas dan kilau warna. Biasanya harga tergantung gramnya dengan variasi harga mulai dari Rp. 80.000 keatas.

Bila digigit Terasa pasir tapi tidak bisa tergores

  • Mutiara Air Tawar

Pembuatan : Mutiara itu dibudidayakan di air tawar

Bentuk : Bentuknya bakpau atau setengah lingkar dan lonjong

Warna : Warna-warni (hitam, biru, pink, putih, orange, hijau merah dan kuning).

Berat : Besar dan berat hampir sama

Harga : Harga lebih murah daripada mutiara air laut.

Bila digigit Terasa pasir tapi tidak mudah tergores

  • Mutiara Imitasi

Pembuatan: Mutiara itu dibuat di pabrik

Bentuk: Bentuk identik dengan bulat

Warna: Warna sama dengan mutiara air tawar

Berat: Besar dan berat tidak sesuai

Harga: Harga sangat murah

terbuat dari plastik

Bila digigit

Terasa licin dan mudah terkelupas

nah itu sedikit info tentang mutiara air tawar dari lombok

jangan lupa kunjungi juga halaman kami

https://www.facebook.com/rumah.kreative

dan jangan lupa juga like coment dan share nya

sekian dan salam kreative

 

No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment