Lomba Produk Souvenir Khas Bangka Menciptakan Peluang Usaha Kerajinan

    45

    Peluang Usaha Kerajinan – Sebanyak 120 peserta mengikuti kegiatan lomba produk souvenir khas Pangkalpinang 2016 yang berlangsung di Galeri Dekranasda Kota Pangkalpinang, Taman Sari, 19-20 Desember.

    Kegiatan diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pangkalpinang (Dekranasda).
    Diharapkan dalam kegiatan ini mampumenciptakan Peluang Usaha Kerajinan serta meningkatkan pengembangan industri kecil dan menengah dalam memperkuat kluster industri dan terciptanya peluang usaha di bidang kerajinan souvenir..
    Plt Walikota yang diwakili oleh staf ahli, Fitriansyah mengatakan kegiatan ini sangat positif dalam rangka untuk mendorong tumbuhnya pelaku usaha kerajinan produk souvenir, sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat daerah Pangkalpinang.

    “Ini sebagai wadah kegiatan promosi yang menitik beratkan pada potensi produk kerajinan sehingga diharapkan adanya transaksi dan peluang pasar bagi kerajinan untuk memotivasi kreatifitas pelaku usaha,” ujarnya.

    Lomba kerajinan souvenir mendapat antusias tinggi dari para peserta. Dewan juri lomba terdiri dari dua orang juri dari Dekranasda Nasional Pusat, satu orang dari Dekransda Kota, satu orang dari Dekranasda Babel dan satu orang dari pemerhati pelaku usaha.

    Dewan juri dari Dekranas Pusat, Tri Reni Budiharti mengapresiasi hasil karya seluruh peserta lomba. Menurutnya kreatifitas peserta sudah cukup baik dalam mengolah bahan baku menjadi sebuah produk yang bernilai jual ekonomis. Untuk itu ia memberikan masukan agar kualitas produk kerajinan ini lebih ditingkatkan lagi sehingga bisa Peluang Usaha Kerajinan yang lebih menjanjikan.

    “Seperti penggunaan bahan baku, kenapa pewter tidak dimaksimalkan, padahal Bangka ini memiliki bahan baku pewter, kita berharap pemerintah bisa giat memberikan pelatihan agar souvenir pewter bisa lebih berkembang lebih baik. Selain itu bahan baku anyaman juga bagus dikembangkan karena bahannya juga ada banyak di sini,” sarannya.

    Sementara itu rangkaian acara pengumuman pemenang lomba berlangsung meriah, diisi on street workshop craft untuk generasi muda, fashion show batik khas bangka dan craf, bazar produk khas Pangkalpinang dan lomba mewarnai batik untuk anak TK serta pasar murah, Hadir dalam kegiatan ini Ketua Dekranasda Kota, Desi Ayu Trisna, perwakilan provinsi staf ahli SDM dan Kemasyarakat, Hj Syafitri, anggota dekranasda serta masyarakat.

    Sumber : http://bangka.tribunnews.com

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment