Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Lebih Dari Filosofinya

Siapa yang tidak tahu dengan kopi? Biji tanaman yang satu ini sudah sangat popular di kalangan orang dewasa dan remaja, bahkan sudah menjadi separuh hidup bagi sebagian orang. Aroma kopi yang dapat menenangkan jiwa menjadi satu alasan kenapa kopi selalu menjadi minuman favorit setiap tahunnya.

Kopi ialah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Yang di buat dengan mesin penghancur atau penggiling kopi agar cepat menjadi serbuk kopi.

Kopi adalah minuman yang dikonsumsi lebih dari 2,25 milyar cangkir perhari di dunia. Diperkirakan 2 pertiga manusia di bumi minum secangkir kopi setiap hari. Bagaimana sulit dibayangkan dengan jumlah sebanyak itu, hingga sepadan kopi memerankan komoditi dunia ke dua setelah minyak bumi.

Karena begitu penting kopi bagi kehidupan kita, di manapun manusia di dunia ini membutuhkannya. Namun, apakah kita mengetahui dzat ajaib ini dari manakah mereka bisa hadir terhidang di meja kita. Kopi kerap kali di anggap sebagai minuman penambah semangat oleh sebagian orang tidak hanya itu, ada pula yang menganggap bahwa kopi itu menyehatkan.

Sejarah Kopi Dari Masa Ke Masa

Sejarah Kopi penemuan biji kopi sebagai minuman yang sangat berkhasiat dan berenergi. Kopi pertama kali ditemukan oleh Orang dari Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu atau 1000 tahun Sebelum Masehi. Kopi terus berkembang hingga sekarang ini menjadi salah satu minuman paling populer dan terlaris di dunia. Negara Indonesia sudah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya dan mengekspornya ke berbagai penjuru dunia. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga mempunyai khasiat yaitu dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes,, dan berbagai penyakit jantung.

Kata kopi ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang mempunyai arti kekuatan, karena pada awal ditemukannya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kemudian diubah menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian diubah lagi menjadi koffie. Dalam bahasa Belanda yaitu “koffee” sedangkan dalam Bahasa Indonesia yaitu “kopi”.

Di masa awal, bangsa Arab memonopoli perdagangan biji kopi. Mereka mengendalikan perdagangan lewat pelabuhan Mocha, sebuah kota yang terletak di Yaman. Dari pelabuhan Mocha biji kopi diperdagangkan hingga ke Eropa. Saat itu Mocha menjadi satu-satunya gerbang lalu-lintas perdagangan biji kopi, sampai-sampai orang Eropa menyebut kopi sebagai Mocha.

Memasuki abad ke-17 orang-orang Eropa mulai mengembangkan perkebunan kopi sendiri. Pertama-tama nereka mengembangkannya di Eropa, namun iklim di sana tidak cocok untuk tanaman kopi. Kemudian mereka mencoba membudidayakan tanaman tersebut di daerah jajahannya yang tersebar di berbagai penjuru bumi. Upayanya berhasil, orang-orang Eropa mampu menggeser dominasi bangsa Arab dalam memproduksi kopi.

Salah satu pusat produksi kopi dunia ada di Pulau Jawa yang dikembangkan bangsa Belanda. Untuk masa tertentu kopi dari Jawa sempat mendominasi pasar kopi dunia. Saat itu secangkir kopi lebih popular dengan sebutan “Cup of Java”  atau “Secangkir Jawa”.

 

Kandungan Kopi Di Setiap Butir Biji Kopi

Selain kafein, kopi juga memiliki zat-zat lain yang terkandung didalamnya. Berikut beberapa kandungan dari kopi yang perlu Anda ketahui.

1. Kafein

Semua orang pasti telah mengenal zat ini. Kafein, merupakan zat utama yang ada di kopi. Zat inilah yang sering membuat kita terjaga setelah minum kopi. Tapi kenapa bisa begitu? Jawabannya karena di dalam kopi mengandung alkaloid plant, semacam zat yang terkandung di dalam nikotin, tetapi efek sampingnya tidak terlalu kuat.

2. Air (H2O)

Air adalah zat penting dalam kopi yang berfungsi melarutkan minyak dan rasa yang ada di dalam biji kopi. Idealnya, takaran yang baik dalam secangkir kopi yaitu 98.67% air dan 1,25% bubuk kopi yang mudah larut.

3. 2-Ethyphenol

Zat ini menghasilkan aroma pada kopi. Biasanya sangat terasa di mulut kita setelah kita meminum kopi.

4. Quinic acid

Ini merupakan zat yang memberi rasa asam pada kopi. Kadar keasaman setiap kopi berbeda-beda tergantung pada jenisnya.

5. Dimethyl disulfide

Kadar zat ini lebih banyak terkandung di dalam biji kopi yang masih mentah, alias yang belum dipanggang.

6. Acetylmethylcarbinol

Zat ini memberikan rasa gurih di dalam biji kopi. Jadi, jangan heran ketika kita minum kopi merasakan sedikit gurih di dalamnya.

7. Trigonelline

Meski cenderung berasa pahit, dalam kopi ada rasa manis. Zat inilah yang membuat secangkir kopi menjadi lebih terasa manis.

8. 3,5 Dicaffeoylquinic

Zat ini berperan sebagai anti-oksidan. Jadi, mengonsumsi kopi dapat memberikan manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas. Tapi ingat, porsinya tetap harus diperhatikan.

 

Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah untuk meningkatan kerja tubuh sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.

Efek dari kafein ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi. Kafein hanya membutuhkan 15 hingga 20 menit untuk masuk ke aliran darah, namun efek yang dirasakan bisa sampai 10 jam. Kafeina tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.

Kopi kaya akan antioksidan, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa hal ini baik untuk kesehatan. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi kafein sering dikaitkan dengan efek samping seperti kecemasan, gangguan tidur, palpitasi jantung (jantung berdebar) dan gelisah.

Mengkonsumsi 400–600 mg / hari kafein umumnya tidak memiliki efek samping yang buruk pada kebanyakan orang. Hal ini sekitar 6 mg / kg berat badan, atau 4-6 cangkir rata-rata kopi per hari.

Banyak yang berkata bahwa, setiap orang memiliki efek berbeda-beda terhadap kafein. Beberapa orang ada yang sangat sensitif setelah mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sedikit, sementara yang lain tidak memiliki efek apa-apa walaupun telah mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang besar.

Manfaat kopi bagi kesehatan

1. Meningkatkan energy dan membuat kita lebih cerdas

Kandungan kafein pada kopi dapat merangsang otak sehingga kinerja otak yang cepat dapat menjadikan kita encer dalam berfikir dan tidak lemot. Manfaat kopi ini akan langsung anda rasakan setelah minum kopi. Tidak hanya mencerdaskan otak kopi juga dapat meningkatkan level energy, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

2. Membantu membakar lemak

Lemak dalam tubuh sangat lah menggangu, terutama bagi para wanita yang kerap kali di tuntut memiliki badan yang ideal. Untuk anda yang berada dalam fase atau masa menurutkan berat badan atau mengecilkan perut kopi dapat menjadi solusi terbaik untuk anda. Tidak perlu menahan rasa lapar anda, hanya dengan meminum kopi lemak yang berada di tubuh anda akan berkurang. Mudah sekali bukan?. Anda harus mencoba manfaat kopi yang satu ini, karena ini sangat berguna untuk karier dan masa depan anda.

3. Meningkatkan performa fisik secara drastis

Ternyata manfaat kopi sangatlah banyak, tidak hanya membuat otak anda cerdaskopi juga dapat meningkatkan uji nyali jiwa anda dalam menghadapi tantangan. Uji nyali akan membuat tubuh kita menjadi intens dan siap untuk melaksanakan tugas apapun. Kandunga kafein yang ada dalam kopi dapt menghancurkan lemak tubuhyang tidak berguna dalam tubuh, kemudian akan di lepaskan dalam darah yang akana menghasilkan energy pada tubuh. Karena adanya kafein ini tidak mengejutkan dapat meningkatkan performa fisik rata-rata 11-12%. Jadi tidak ada salahnya kita meminum secangkir kopi sebelum berolahraga.

4. Mengandung nutrisi penting

Manfaat kopi yang sangat banyak kerap kali menjadi nalasan kenapa minuman yang satu ini tidak punah. Kopi mengandung banyak sekali nutrisi, dalam secangkir kopi dapat mengandung nutrisi sebagai berikut:
Satu gelas kopi mengandung:
♦ Riboflavin (Vitamin B2): 11% of the RDA.
♦ Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% of the RDA.
♦ Manganese and Potassium: 3% of the RDA.
♦ Magnesium and Niacin (B3): 2% of the RDA.
Sumber: https://medium.com/@iwanplajupekanbaru/manfaat-kopi-18-alasan-mengapa-anda-harus-minum-kopi-setiap-hari-408212f65d0c

5. Mengurangi resiko diabetes type 2

Manfaat kopi juga anda dapati pada para penderita diabetes. Ada sekitar 300 juta penderita diabetes di seluruh dunia. Pada diabetes type 2 23-50% lebih kecil di bandinf dengan orang-orang yang tidak meminum kopi. Dari pernyataan tersebut kopi membuktikan menimbulkan dampak yang positif sekali pun itu pada penderita diabetes. Diabetes type 2 ini sangat bahaya bagi kesehatan tubuh kita, sekalipunitu adalah kelangsungan hidup kita. Biasanya diabetes type 2 ini terjadi pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih dan kurangnya gerak pada tubuh. Tidak hanya itu, pola hidup yang tidak sehat juga memicu terjadinya penyakit diabetes. Jika dahulu diabetes dapat menyerang orang dewasa pada zaman yang serba otomatis ini anak-anak ada yang mengalami penyakit ini.

6. Mengurangi resiko terkena Parkinson

Parkison adalah penyakit degenerasi sel saraf secara bertahap di bagian otak tengah yang berfunsi mengatur pergerakan pada tubuh. Biasnya orang-orang mengetahui gejala penyakit ini dengan adanya tremor atau yang biasa disebut gemetaran. Sedangkan untuk gejala awal nya masih belum dikenali.

Baca juga : Memilih Jasa Perawat Home Care Terbaik Di Indonesia

Manfaat kopi bagi kecantikan

1. Untuk masker wajah

Salon-salon kecantikan biasanya menggunakan kopi sebagai masker untuk perawatan di salon. Manfaat kopi yang satu ini sangat lah berguna bagi para kaum hawa. Kopi ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan kulit.

2. Perawatan kulit kepala

Kafein yang terdapat pada kopi menjadikan manfaat kopi semakin banyak. Sebagian orang belum mengetahui nya, karena memang jarang sekali orang mengetahui fungsi yang satu ini.

3. Berguna untu manicure dan pedicure

Kopi juga dapat menghilangkan warna hitam pada siku. Manfaat kopi yang satu ini, biasa nya dipakai oleh para wanita yang sangat menjaga penampilannya.

4. Mengencangkan wajah

Untuk pemanfaatan kopi pada pengencangan wajah biasanya menggunakan ampas kopi. Bisa di bilang kopi sangatlah bermanfaat bukan?

Tidak hanya kopi nya yang dapat di minum. Ampas nya pun brguna untuk kecantikan tubuh kita terutama bagian wajah. Tidak hanya pada kesehatan dan kecantikan kopi juga memiliki manfaat yang berbeda untuk pria dan wanita.

Manfaat kopi bagi wanita

1. Menghindari stress dan depresi

Dalam aktivitas para wanita kerap kali wanita sering merasa banyak tekanan, entah itu tekanan dari pekerjaan maupun dari keluarga bahakan dari diri nya sendiri. Kopi menjadi peran penting dalam hal ini, karena kopi dapat mengembalikan perasaan wanita yang seang mengalami tekanan. Bahkan dalam keadaan ini sangat di anjurkan bagi wanita untuk meminum segelas kopi hangat untuk mengerjakan dan melanjutkan aktivitas ataupun pekerjaan nya.

2. Menjaga kesehatan hati

selain aroma kopi yang khas dapat menghilangkan stres anda. kandungan kafein dalam kopi juga ampuh untuk menjaga kesehatan organ tubuh, terutama menjaga kesehatan hati. pengonsumsian kopi secara teratur ternyata memiliki dampak yang sangat baik yaitu dapat mencegah penyakit autoimun langka atau yang biasa disebut primary sclerosing cholangitis PSC) yang dapat mengakibatkan gagal hati, sirosis hati dan kanker hati.

3. menangkal kanker kulit

tak sedikit orang yang memandang bahwa kopi itu tidak bagi wanita, tapi dugaan itu ternyata salah, malah justru sebaliknya. kopi bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita salah satunya dapat mencegah terkena penyakit kanker kulit. Dengan mengonsumsi kopi dua cangkir dalam sehari kopi dapat mengurangi resiko kanker kulit

4. menurunkan resiko parkinson atau alzheimer

penyakit alzheimer adalahkelainan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berfikir, dan berbicara serta adanya perubahan perilaku penderita akibat gangguan dalam otakny yang bersifat progresif dan perlahan menurun sekitar 32-60%. penyakit ini biasanya di alami oleh orang-orang yang berusia 65 tahun. mengonsumsi kopi secara rutin ternyata dapat menurunkan resiko penyakit ini pada usia lanjut.

selain manfaat kopi yang sangat banyak dan kadng tidak terduga atau mungkin bahkan belum di ketahui oleh khalayak umum. anda juga sebaiknya mengetahui bahaya kopi pada wanita

Bahaya Kopi Bagi Wanita

Kopi memang memiliki berbagai manfaat jika di konsumsi dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan. namun, apanila pengonsumsian kopi yang tidak pada tempatnya atau bisa dibilang melebihi takaran yang telah di tentukan makan akan menimbulkan efek kecanduan. Efek kecanduan ini tidak baik, trrlebih ada kandungan kafein yang terdapat pada kopi. pengonsumsian yang berlebihan juga dapat menimbulkan kerusakan pada kesuburan, tidak hanya pada kesuburan saja jika tetap dilanjutkan maka akan berakibat kemadulan bagi wanita. Selain akibat tersebut, kopi juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti: insomia, gugup tremir, jantung berdbar, mual dan rasa gelisah

Tinggalkan Koment