Masa Perkembangan Teknologi Mengikuti Zaman

    89

    Suatu teknologi pasti mengalami perubahan serta perkembangan dari setiap tahunnya berdasarkan zaman, namun apakah sebenarnya pengertian dari teknologi itu ? Teknologi merupakan suatu produk yang di ciptakan oleh manusia yang mempunyai manfaat sehingga menjadikan kehidupan manusia lebih maju dan modern. Semakin penasaran bukan, untuk informasi lebih jelasnya, dimulai dari perkembangan teknologi sampai dengan sejarah perkembangannya simak ulasannya sebagai berikut : Sejarah Perkembangan Teknologi : 
    1. Masa Prasejarah Pada zaman prasejarah ini perkembangan ilmu teknologi yang dilakukan yaitu sebagai sarana dengan tujuan untuk pengenalan bentuk yang manusia kenal. Manusia mulai mengidentifikasi benda yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal, kemudian mereka menggambarkan informasi tersebut pada dinding – dinding gua. Awal komunikasi pada zaman ini dimulai menggunakan dari alat yang menghasilkan suara atau menggunakan isyarat tertentu sebagai suatu tanda peringatan.
     • 3000 SM
    Bangsa Sumeria mulai menulis menggunakan simbol – simbol yang di bentuk dari piktografi sebagai huruf untuk yang pertama kalinya. Simbol ini mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, serta bahasa.
    • 2900 SM
    Bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif pada tahun 2900 SM. Hieroglif merupakan salah satu dimana setiap ungkapan diwakili oleh setiap simbol yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah arti yang berbeda pula.
     • 500 SM
    Pada zaman ini manusia sudah mulai mengenal beberapa cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus bisa di gunakan sebagai kertas untuk media menulis atau media lainnya seperti media penyampaian informasi yang lebih fleksibel.
     • 105 M
    Bangsa Cina bisa berhasil menemukan kertas pada masa ini, yaitu kertas yang dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, setelah itu diratakan kemudian dikeringkan.

    https://www.google.co.id

    2. Masa Modern (1400 M sampai sekarang)
    • Tahun 1445
    Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak untuk yang pertama kalinya pada tahun 1445 ini dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi sehingga bisa diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
    • Tahun 1830
    Agusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage sehingga mereka bisa menulis program komputer untuk pertama kalinya dengan menggunakan mesin analytical untuk memasukan data , mengolah data, serta mengeluarkan data yang bersifat digital.
    • Tahun 1837
    Samuel Morse mengembangkan telegraf serta bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone untuk mewakili pesan yang ingin dikirimkan melalui kabel tunggal menggunakan pulsa listrik.
     • Tahun 1877
    Alexander Graham Bell menciptakan kemudian mengembangkan telepon pada tahun ini. Pergantian sistem pemanggilan telepon dari yang menggunakan nama menjadi nomor di mulai sekitar tahun 1879, istem ini menggunakan dua huruf dan lima digit angka.
     • Tahun 1889
    Herman Hollerith dalam perhitungan menggunakan prinsip kartu peforasi untuk memasukan data sensus kemudian diolah secara mekanik.
    • Tahun 1931
     Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differesial, sehingga mesin ini berukuran besar dan berat karena memuat ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
    • Tahun 1939
    Dr. John V. Atanasoff bersama Cliford Berry berhasil menciptakan kompter elektrik yang pertama.
    • Tahun 1973 – 1990
    Rangkaian pusat yang membentuk internetsebagai ARPANET yang di dirikan oleh ARPA sebagai rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian.
     • Tahun 1991 – sekarang
    Cern memungut biaya bayaran dalam bidang Ilmu Teknologi dari anggotanya untuk operasional untuk yang pertama kalinya. Pada tahun 1992 mulai diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) sehingga terbentuk komunitas internet . Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih khususnya internet.

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment