Membuat Kerajinan Dari Kertas HVS

    1
    9

    Kertas HVS (Houtvrij Schrijpapier), bahasa Belanda yang artinya kertas tulis bebas serat kayu, kertas jenis ini dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin atau perekat antar serat didalam pohon, sehingga tidak mudah berubah warna kekuningan jika di letakan dibawah sinar matahari. Kertas HVS sudah sangat lumrah kita jumpai di aktivitas keseharian mulai dari rumah hingga sekolah maupun perkantoran memanfaatkan kertas HVS di berbagai kegiatan, kertas HVS merupakan kertas tulis berkualitas tinggi tidak heran jika kertas jenis ini banyak di gunakan olah masyarakat. Semakin banyaknya pengguna kertas HVS juga berdampak pada lingkungan karna biasanya setelah habis pakai kertas ini pasti akan menjadi sampah dan akan semakin banyak limbah kertas yang sulit di atasi. Lalu apa solusi nya ? salah satu solusi yang bisa kita buat dari permasalahan limbah kertas tersebut adalah memanfaatkan nya menjadi aneka kerajinan tangan, kerajinan dari kertas HVS ini mungkin bukan ide baru dalam dunia seni dan kerajinan, namun dengan sedikit kreatifitas kita bisa membuat inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan limbah kertas HVS ini. sebagai bahan referensi kami berikan bebarapa ide kreasi kerajinan dari kertas HVS yang pastinya mudah untuk dibuat ,berikut beberapa contoh kerajinan dari kertas HVS.  

    1. Bunga Kertas dengan memanfaatkan kertas kamu dapat membuat berbagai kerajinan dari kertas HVS nah salah satu kreasi yang paling mudah kamu buat dan paling banyak di buat dan di sukai adalah membuat aneka kreasi bunga dari bahan kertas HVS
    2. Tempat pensil  Kerajinan tempat pensil dari kertas HVS[/caption] Nah buat adik-adik sekolah yang lagi butuh tempat pensil, kita bisa kok buat sendiri tempat pensil nya dari bahan kertas HVS yang ada di rumah, selain mudah juga hemat.
    3. Pin/Bros ] Kita juga bisa memanfaatkan kertas menjadi aksesoris contohnya kita bisa membuat kreasi pin/bross dengan aneka bentuk dari kertas HVS.
    4. Amplop bosan dengan amplop yang ada di toko ? kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan kertas HVS ini, kreasi yang di hasilkan tentunya sangat unik dan keren.

    selain dimanfaatkan langsung menjadi kreasi kerajinan seperti di atas kamu juga bisa terlebih dahulu mendaur ulang kertas HVS tersebut dengan di olah agar menghasilkan jenis kertas baru setelah itu baru di buat berbagai kerajinan dan bisa membuat lebih banyak

    1 COMMENT

    Leave a Reply