Pentingnya Memilih Domain Yang Tepat Untuk Bisnis

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis Di Era Digital

Domain Untuk bisnis – Seiring hadirnya teknologi dan sain yang begitu cepat dan tidak dapat di bendung lagi, Perkembangan dunia usaha juga telah memasuki era digital yang tidak kalah cepat dan tepat. Kini banyak orang yang sudah mampu mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan mudah.

Dengan hanya menggunakan gadget atau PC yang terhubung ke internet, maka siapapun bisa membuka segala informasi yang tersedia di internet dengan mudah. tidak hanya informasi kini transaksi jual beli barang maupun jasa bisa didapatkan dengan mudah via internet.

Ini tentu mempermudah kita menemukan berbagai barang atau jasa yang sulit kita temui di sekitar kita secara offline. jarak antar kota bahkan benua seakan hanya sebaris layar gadget kita.

Perkembangan Bisnis Di Era Digital

Dengan pesatnya bisnis di era digital dan adanya potensi bahwa setiap orang bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan begitu  mudah, para pemilik bisnis tentu harus sigap terhadap perkembangan ini. para pelaku bisnis harus mulai untuk membuat bisnisnya yang semula offline agar bisa bisa di jangkau oleh konsumen secara online.

Salah satu cara  membuat bisnis mu menghadapi era digital ini  salah satunya dengan memilih domain untuk bisnis dan membuat membuat sebuah website  perusahaan yang kamu jalankan, mungkin ada yang masih meragukan kenapa bisnis haruslah memiliki website.

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis Di Era Digital ini Pertama kita haruslah memahami tentang domain dan website itu apa? manfaat domain untuk apa? dan apa fungsinya untuk bisnis? lalu bagamana jika bisnis  saya sudah cukup besar, atau mungkin bahkan sangat besar, sudah dikenal banyak orang sehingga untuk apa sebuah domain dan website?

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Android

Pentingnya domain untuk bisnis anda tentunya anda tidak ingin membuang kesempatan yang besar  untuk mengembangkan market di era digital yang sebelumnya di bahas. Dalam memilih nama domain anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan, sebagai pertimbangan anda harus memahami tentang domain itu sendiri sehingga anda dapat memahami mengapa domain penting untuk bisnis anda.

Pengertian Domain

Pengertian domain secara singkat adalah sebuah nama yang khas atau unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer di jaringan komputer ataupun internet sehingga para pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server sebuah kombinasi string yang unik yang terdiri akan empat angka yang dipisahkan oleh titik, seperti 192.168.1.1 .

Struktur Sistem Nama Domain

Sebelum menentukan nama domain untuk bisnis yang akan anda pilih baiknya anda mengenali struktur sistem nama domain terlebih dahulu. Di dalam hirarki Domain Name System (DNS), nama domain akan dikelompokkan dalam beberapa tingkatan, yaitu;

1. Root-Level Domains

Adalah akar dari sebuah domain dengan dilambangkan dengan titik (.) atau biasa disebut juga dengan top level hirarki sebuah nama domain.

2. Top-Level Domain

Merupakan ekstensi nama domain yang posisinya berada pada bagian akhir setelah tanda titik. Contohnya seperti : .com, .org, .net, .co,  dan lain-lain

3. Second-Level Domain

Merupakan nama domain  setelah ekstensi Top Level Domain. contohnya  rumahkreative.id, rumahkreative adalah second-level domain dan .ID adalah top-level domain.

Fungsi Domain Secara Umum Pada Website

Jika anda ingin membuat website untuk bisnis anda, domain memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya untuk mudahkan mengakses halaman web anda tanpa harus menuliskan alamat IP server, namun dalam sisi bisnis, nama domain itu akan menjadi identitas atau brand yang melekat dari website untuk bisnis yang anda miliki.

Baca juga : 8 Tips Sukses Memulai Bisnis Untuk Pemula

Untuk itulah pemilihan nama Domain Penting Untuk Bisnis, selain sebagai identitas bisnis Domain yang unik serta mudah diingat merupakan salah satu faktor agar bisnis anda dapat dengan mudah ditemukan para calon pengguna dengan memanfaatkan teknik digital marketing pada website anda.

Jenis dan Contoh Domain

Banyak sekali jenis domain di dunia semua domain tersebut dapat dibedakan berdasarkan ekstensinya. Tentulah pemilihan domain untuk bisnis berbeda dengan domain untuk blog pribadi  Berikut contoh domain dan jenis penggunaan nya :

jenis dan contoh domain

  1. Top Level Domain
  • Generic Top Level Domain (gTLD)
Kode domainPenggunaan
comKomersial
Co.idBisnis resmi
eduPendidikan dan penelitian
milMiliter
govPemerintahan (non-militer)
ac.idAkademik
netLayanan bantu untuk network
orgOrganisasi lain
  •  Contry Code Top Level Domain (ccTLD)
Kode domainPenggunaan
IdDomain Negara Indonesia
CnDomain Negara Cina
UsDomain Negara Amerika
SgDomain Negara Singapura
MyDomain Negara Malaysia
UkDomain Negara Inggris

 

  1. Second Level Domain (SLD)

Second level domain adalah nama domain yang didaftarkan oleh seseorang atau instansi tertentu untuk website mereka. Second level domain tepat berada di bawah Top Level Domain.

Kode domainPenggunaan
IdRumahkreative.id
ComGoogle.com

 

  1. Third Level Domain

Merupakan nama domain yang posisnya berada sebelum SLD dan TLD, atau dapat kita disebut juga dengan sub domain. Jenis domain tipe ini biasanya digunakan membuat lamaan baru dari situs utama atau keperluan tertentu, misalnya untuk keperluan membuat email.

Kode domainPenggunaan
storeStore.Rumahkreative.id
mailMail.Google.com

 

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis?

Pemilihan nama domain untuk bisnis merupakan hal cukup yang cukup penting Karena mengingat seluruh alamat IP dengan angka tentu menyulitkan. Memilih nama domain yang singkat serta mudah diingat dapat membuat para pengguna internet yang akan menjadi calon konsumen anda dapat mudah menemukan situs web anda di internet.

Mengapa domain penting untuk bisnis

Dengan mempermudah pengguna mengingat nama domain anda juga akan meningkatkan kesadaran merek perusahaan anda, maka dari itu memilih nama domain penting untuk bisnis anda kedepannya.

Digital marketing atau pemasaran online merupakan hal yang sangat penting di era digital sekarang ini. Nama domain yang unik dan mudah diingat oleh pengguna internet akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik bisnis.

Baja juga : Tips Bisnis Kerajinan Untuk Pemula

Itulah alasan mengapa nama domain yang unik, singkat, dan mudah diingat banyak diburu para pebisnis online. Bahkan ada banyak pengusaha online melakukan riset khusus sebelum menentukan nama domain untuk bisnis mereka.

Selain itu ada beberapa alasan lain yang membuat pentingnya sebuah domain bagi bisnis online anda, berikut beberapa alasan mengapa domain penting untuk bisnis anda :

1. Kredibilitas

Memiliki sebuah web dengan nama domain sendiri ini akan membuat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan tentunya akan terlihat profesional. memiliki domain sendiri tetntu akan mendapatkan kepercayaan lebih dibandingkan anda menggunakan sub domain web gratisan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com ini akan menurunkan kepercayaan pelanggan.

2. Membangun Brand

Dengan memiliki web dengan domain sendiri dapat meningkatkan kesadaran terhadap merek bisnis anda. apalagi jika bisnis anda menggunakan domain yang tepat dan terkenal kredibel untuk bisnis seperti .co.id.

3. Menarik Lebih banyak pelanggan

Dengan memiliki bisnis yang terintegrasi dengan website yg online 24 jam anda berkesempatan memperluas jangkauan pemasaran bisnis anda, sehingga anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial untuk bisnis anda.

4. Mempermudah Informasi

Dengan memiliki web yang terus di update anda mempermudah para pelanggan mendapatkan informasi tentang layanan anda seperti produk/layanan terbaru, promo, perubahan alamat atau jam kerja, dan informasi lain nya. Tentunya dengan kemudahan yang diberikan pelanggan akan semakin percaya akan layanan yang anda berikan.

Di offline jika pelanggan membuutuhkan produk atau layanan anda bisa langsung datang ke toko atau kantor anda, namun tidak semua orang punya banyak waktu keluar untuk sekedar memilih barang yang dibutuhkan, maka dari itu dengan memiliki website yang online 24 jam mereka tetap dapat melakukan transaksi ke pada anda kapanpun dimanapun.

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis

Saat anda ingin membuat web untuk bisnis anda pastinya anda akan menggunakan nama perusahaan anda, iya tentu saja Nama domain harus sama dengan nama merek perusahaan Anda.  Namun pemilihan domain tidak hanya sekedar nama namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Jika anda belum atau baru akan memulai bisnis ada baiknya melakuka  riset terlebih dahulu agar nama domain nya bisa sesuai dengan yang diinginkan, Berikut beberapa tips memilih nama domain untuk bisnis online anda.

1. Keyword atau kata kunci

Lakukan riset kecil tentang bisnis anda tentukan keyword atau kata kunci yang akan di gunakan, jika anda ingin mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) dengan  caranya  meletakkan kata kunci , pada nama domain pertimbangkan hal berikut

  • apakah kata kunci tersebut punya hubungan dengan nama atau brand anda
  • hindari penggunaan kata kunci berlebih pada domain

2. Jenis domain

Menentukan estensi domain anda tentu penting terhadap citra bisnis anda, jika perusahaan anda sudah memiliki perizinan lengkap seperti CV/PT anda dapat menggunakan domain seperti .co.id agar lebih kredibel. Jika belum atau sedang dalam proses anda bisa menggunakan domain terkenal lain nya seperti .com, .net dan banyak lain nya.

3. Hindari tanda hubung dan Angka

Jika diperlukan hindari penggunaan tanda hubung seperti (-) (_) dan angka  maupun simbol lainnya. kecuali memang band atau nama anda sudah familiar dengan hal tersebut misalnya 101red, 000webhost.com.

4. Cek Ketersediaan

Pastikan domain yang anda inginkan masih tersedia untuk anda daftarkan, jika masih tersedia segera daftarkan karena 1 nama domain hanya bisa dimiliki oleh 1 orang. jika sudah ada yang menggunakan mungkin anda harus mempertimbangkan nama lain.

5. Merek dan Hak cipta

Meskipun nama domain yang anda inginkan sudah ada yg memiliki bisa saja anda menggunakan nama tersebut dengan ektensi domain yg berbeda misalkan apple.com lalu anda mendaftarkan nama tersebut dengan domain apple.id atau apple.net dan ektensi lainnya.

Meskipun mungkin bisa sebaiknya anda urungkan niat anda karena anda bisa saja terkena masalah dikemudian hari karena, anda bisa saja di tuntuk karena dianggap melanggar hak cipta suatu merek.

Cara Mendapatkan Domain Untuk Bisnis

Banyak registar  yang menyediakan untuk mendaftarkan nama domain, pastinya mereka juga menyediakan hosting untuk tempat domain tersebut. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak web yang menyediakan layanan domain murah.

Anda dapat menyewa layanan domain dengan jangka waktu tertentu dengan harga yang bervariasi, namun tidak jarang anda bisa mendapatkan domain gratis selamanya dengan ketentuan tertentu. Anda bisa menemukan layanan Domain murah dan hosting unlimited di banyak provider seperti rumahweb.

Mengapa Daftar Domain di Rumahweb ?

Rumahweb adalah ICANN Accredited Registrar yang beroperasi sejak tahun 2002 dengan lebih dari 130ribu domain terdaftar.

Sebagai Accredited Registrar, Rumahweb selalu di-audit untuk memastikan layanan terbaik bagi pelanggan sesuai dengan standard industri.

Anda bisa mendaftarkan domain bisnis anda melalui rumahweb dengan harga yang terjangkau, bahkan anda bisa mendapatkan Domain gratis dan hosting dg bandwith unlimited. caranya anda cukup menggunakan layanan hosting Rumahweb, dan bisa langsung mendapatkan domain gratis dan hosting unlimited.

blog competition rumah web Ulasan ini juga di ikut sertakan dalam Rumahweb blog competition, mau ikut lomba blog juga dan dapatkan hadiah jutaan rupiah ?. kamu dapat mengikuti kuga dengan mengunjungi link berikut ini.

1 COMMENT

Tinggalkan Koment