Mengisi Liburan dengan Membuat Kerajinan Tangan

    59

    SLEMAN–Sembari menyambut tahun baru, tak ada salahnya orangtua mengagendakan kegiatan liburan yang juga bersamaan dengan masa libur anak sekolah. Banyak hal positif yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan bersama anak.

    Anis Rahmawati dari Olifant mengatakan, dengan membuat kerajinan tangan bersama, ada hal positif yang didaparkan yakni mengasah kreativitas. Membuat kerajinan tangan akan membantu anak-anak mengoptimalkan daya imajinasi. Imajinasi yang terus diasah akan menumbuhkan kreativitas yang bermanfaat nantinya.

    “Misalnya, mengajak anak membuat hiasan dinding kamar. Berikan kesempatan untuk anak membuat design sesuai imajinasi mereka,” ungkap dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (28/12/2016).

    Selain itu, anak belajar mengikuti instruksi. Tidak hanya melatih kreativitas, mengajak anak membuat kerajinan bersama juga memberikan kesempatan bagi anak untuk memahami pentingnya mengikuti instruksi. Jika anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai instruksi, maka hasil yang didapatkan mungkin tidak akan optimal.

    Beberapa orangtua merasa kesulitan untuk berbagi cerita bersama anak. Dengan membuat kerajinan tangan bersama, orangtua bisa memanfaatkan kebersamaan dengan berdiskusi. Misalnya, cerita tentang teman-teman di sekolah atau sekedar membicarakan hobi dan kesukaan.

    Sesuatu yang bisa dibuat dengan jerih payah anak sendiri akan membuat anak percaya akan kemampuan yang dimiliki. “Selain memberikan apresiasi, orangtua juga dapat membantu anak memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki anak sehingga anak lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu,” papar dia.

    sumber :Harianjogja.com

    No ratings yet.

    Please rate this

    Tinggalkan Koment