Tas Noken Papua Kerajinan Unik Khas Yang Mendunia

153
tas noken papua

Tas Noken Papua Rumahkreative.id – Noken merupakan pulau yang terletak paling timur ini memiliki eksotisme yang tiada habisnya. Tempat wisata yang indah dan alami seperti Raja Ampat pun terletak di daerah Papua. Wilayah Papua sendiri  juga sangat luas, luasnya 3 kali lipat wilayah pulau Jawa. Selain menyimpan kekayaan wisata, Papua juga menyimpan kekayaan budaya dan kerajinan tangan .

Ada berbagai jenis kerajinan tangan khas dari papua yang  tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat baik di dalam maupun luar negeri, kerajinan dari papua sangat beragam mulai dari miniatur yang biasa digunakan sebagai ornamen atau hiasan  dinding, lemari, meja kerja dll.

Ada pula jenis kerajinan tangan khas papua yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti Tas Noken Papua yag khas, untuk koteka umumnya digunakan masyarakat papua di bagian wilayah dataran tinggi papua seperti wamena, dan sekitarnya.

Macam Kerajinan Khas Papua

Barang-barang kerajinan khas papua ini bisa didapatkan di  secara langsung, kalau soal harga setiap jenis barang berikut berkisar mulai Rp.150.000 – 700.000. Ya mungkin bagi sebagian orang harga ini agak mahal, tetapi kami jamin setiap konsumen akan puas dengan hasil olahan kerajinan dari papua ini.

Mengapa saya mengatakan “Konsumen akan puas”, alasan-nya sederhana; Setiap barang yang dihasilkan merupakan bahan natural yang langsung di ambil dari alam, dan teknik pembuatannya yang rumit dan dikerjakan dengan detail. Misalnya Noken/Tas samping kas papua setiap rajutannya di kerjakan langsung dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat moderen.

Alat yang digunakan  jarum yang hanya berupa kayu kusus yang sudah dibuat sebelumnya, benangnyapun terbuat dari akar ataupun batang genemo (sejenis tumbuhan di daerah penghasil noken), ada juga yang menggunakan dengan bahan batang bunga angrek.

Untuk membuat satu noken ukuran kecil membutuhkan waktu kisaran 2 minggu, beda lagi waktunya jika Tas Noken Papua  ukuran besar waktu yang dibutuhkan hingga 2 bulan. Inilah yang membuat tas ini menjadi unik dan khas dan tentunya kini terkenal hingga ke luar negeri.

Pengertian Noken Papua Yang Khas

Noken Kerajinan Khas Papua

Noken, merupakan salah satu kerajinan khas Papua yang berbentuk tas/kantong yang terbuat dari tumbuhan. Biasanya yang diambil adalah kulit kayu, selanjutnya dianyam sehingga menjadi tas yang dapat digunakan sebagai tempat barang.

 

 

kalau menurut kutipan wikipedia ( Noken yaitu tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya tas ini digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar. Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala, noken ini di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia dan pada 4 desember 2012 ini, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO.

"Pengakuan UNESCO ini akan mendorong upaya melindungi dan mengembangkan warisan budaya Noken, yang dimiliki oleh lebih dari 250 suku bangsa di Provinsi Papua dan Papua Barat," )

Mungkin pernah melihat orang Papua sedang membawa semacam tas yang ditarus dikepalanya, itulah yang dinamakan Noken. Mayoritas suku yang ada di Papua, mampu membuat Kerajinan Tangan Noken ini, karena kerajinan ini merupakan salah satu tradisi kerajinan di suku-suku Papua. Biasanya masyarakat di daerah Papua menggunakan Noken ini untuk membawa berbagai hasil bumi ataupun buruan.

Arti Noken Bukalah Tas Bagi Masyarakat Papua

Yup Noken Papua bukanlah tas dan tas seperti yg kita kenal tidak bisa disamakan dengan Noken. masyarakat Papua kini telah mengenal tas buatan pabrik yang akhirnya dikatakan bahwa itu bukan noken.

Walau secara harifiah, noken sama saja dengan tas karena kita para penggemar, pengguna serta  pemakai melihatnya semata dari fungsi serta bentuk noken, tetap semata dari fungsi dan bentuk noken, namun tetap saja berbeda dari apa yang dikenal oleh kalangan masyarakat adat di Tanah Papua ini.

meski begitu Noken tetap unik, khas dan alami menurut keyakinan adat masyarakat, Kita pasti keberatan dengan komentar tidak sepemikiran atau sepaham, namun kita pun perlu lebih jauh mengenal dan memahami arti noken dalam masyarakat adat Papua. Kita akan sampai pada jawaban mengapa noken tetap bukan tas dan tas bukan noken.

 

Noken sudah terkenal di tanah Papua dengan kearifan lokal sosial budayanya. Seperti yang kita tau Noken terbuat dari berbagai bahan serat pohon, kulit kayu dan daun pandan serta rumput rawa. Noken merupakan hasil kerajinan tangan warga Papua. Noken Papua digunakan sebagai benda untuk mengisi, menyimpan, dan membawa berbagai barang.

Noken dirajut serta dianyam oleh pengrajin mama-mama lanjut usia. hanya di daerah seperti Meeuwo, Epouto, Paniai ditemukan bapak-bapak pengrajin tas noken anggrek yang mahir dan terampil.

Kerajinan khas Papua ini termasuk salah satu kerajinan yang menjadi potensi perekonomian di masyarakat Papua. Nilai seni dan estetika kerajinan khas Papua ini telah mengundang banyak wisatawan untuk turut memberdayakan dengan membelinya sebagai oleh-oleh atau suvenir. Noken ini dijual oleh beberapa masyarakat sekitar dengan harga berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000,- untuk satu Noken.

Kerajinan Noken ini adalah salah satu kerajinan khas Papua yang patut dijaga dan dikembangkan. Peran masyarakat dan pemerintah harus sejalan agar kerajinan-kerajinan seperti ini tetap lestari sehingga akan tumbuh generasi-generasi penerus yang akan selalu menjaga kerajinan seperti ini.

No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment