Pengertian Kerajinan Gypsum dan Cara Membuatnya

3007
Kerajinan Gypsum

Rumahkreative.id – Gypsum adalah  contoh jenis mineral dengan kadar kalsium yang lebih banyak dari pada mineralnya. Komposisi Gypsum yang paling umum ditemukan adalah jenis hidrat kalsium sulfat (CaSO4.2H2O). Gipsum adalah salah satu dari beberapa mineral yang teruapkan.

Contoh lainnya dari berbagai mineral tersebut adalah karbonat, borat, nitrat, dan sulfat. berbagai mineral ini diendapkan di laut, danau, gua dan di lapian garam karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan.

Ketika menjadi air panas atau air memiliki kandungan garam yang tinggi, gipsum akan berubah menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau juga bisa  menjadi anhidrit (CaSO4). Dalam keadaan normal atau seimbang, gipsum yang berada di atas suhu 108 °F atau 42 °C dalam air tawar akan berubah menjadi anhidrit.

Penggunaan Gypsum Untuk Kerajinan

 

kerajinan gypsum kini mulai banyak digemari masyarakat Indonesia. Pembuatannya yang terbilang cukup mudah, jika kita dibandingkan dengan kerajinan fiberglass dengan penggunaan resin. Bahan Gypsum merupakan bahan mineral yang tidak akan larut dalam air dalam waktu yang cukup lama jika gips sudah menjadi padat.

Kandungan bahan gypsum terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat yang bisa terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan menimbulkan panas, seperti yang terjadi ketika kita membuat fiberglass dari campuran resin dan katalis.

Dalam membuat kerajinan dari gypsum  harus dicairkan terlebih dahulu jika ingin bentuk seperti yang sudah di konsep. Jika kreasi ini akan diproduksi secara masal , maka harus di buat model dan cetakan terlebih dahulu gypsum tersebut.

Iya secara umum, untuk semua produk Kerajinan Gypsum diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi Kerajinan ini biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

Gypsum merupakan salah satu bahan untuk membuat kerajinan berbahan lunak. Walaupun sebetulnya ini adalah semen putih, kini gypsum tidak hanya digunakan sebagai campuran bahan bangunan. kita bisa menjadikan gypsum menjadi kerajinan tangan sehingga memiliki nilai tambah tersendiri.

Kini sbanyak orang yang mulai tertarik dengan usaha kerajinan dari gypsum ini, bahkan di sekolah sekolah menjadi materi prakter prakarya .

 

Cara Membuat Kerajinan Gypsum:

Untuk membuat kreasi dari bahan ini kamu sebelumnya haruslah mempersiapkan sgala hal mulai dari bahan baku, model, konsep dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi dari gips ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam membuat kerajinan gypsum.

  1.  Persiapkan peralatan dan bahan-bahan, antara lain:
        1. Gypsum secukupnya
        2. Air jernih
        3. Cat atau pewarna
        4. Wadah untuk adonan
        5. Cetakan sesuai dengan model yang akan dibuat
        6. Kuas
        7. Gantungan (bila diinginkan),
        8. Dan minyak.
  2.  Setelah semua siap plangkah pertama Oleskan minyak pada cetakan ini berfungsi agar gypsum mudah dilepas dari cetakan saat sudah mengeras.
  3. Masukan dan campurkan gypsum dengan air jernih  dalam wadah yang sudah disediakan. Aduk merata pastikan gypsum dan air tercampur dengan baik  secara merata dan teksturnya tidak terlalu kental.
  4.  Tuangkan adonan campuran gypsum dan air tadi kedalam cetakan yang sudah di sediakan. Segera tuang adonan secepatnya ini  karena gypsum tersebut mudah mengering.
  5.  Setelah cetakan mulai terisi setengahnya, masukkan gantungan jika kamu mau menjadikan gantungan pada ujung cetakan. Kemudian, tuangkan kembali adonan  gypsum dan air lagi sampai memenuhi cetakan.
  6. Selanjutnya Keringkan gypsum tersebut di suhu ruangan yang cukup.
  7.  Tunggu hingga mengeras apabila sudah jadi buka gypsum tadi dari dalam cetakan. Harap Mengambilnya dengan  hati-hati agar gypsum tidak retak ataupun rusak.
  8. Selanjutnya siapkan cat atau pewarna dan warnai kerajinan gypsum tersebut dengan warna yang yang sesuai .
  9. Tunggu hingga kering dan kerajinan gypsum siap untuk di pajang.

Tambahan Karena jenis kreasi dari bahan ini menggunakan cetakan, maka bentuk dari kerajinan gypsum ini dapat disesuaikan dengan cetakannya. Selain itu, kita bisa berkreasi dengan  banyak warna cat untuk, mewarnai atau menghiasnya. Bentuk serta warna yang beragam ini dapat menambah daya tarik tersendiri jika akan di jual  pembeli.

 

Setelah jadi kerajian dari gypsum dapat kamu  jual dengan yang harga terjangkau sehingga pangsa pasar dan peminatnya cukup banyak. Walaupun produk  dijual dengan yang harga miring, kamu tidak akan mengalami kerugian.

Ini karena harga bahan gypsum itu sendiri terbilang sangat murah, yaitu sekitar Rp 3000 hingga Rp 5000 per kilogram. Bahan pelengkap dan peralatan  yang digunakan juga tidak telalu mahal. Gypsum sendiri dapat kita dapat di pasar-pasar.

 

3/5 (2)

Please rate this

Tinggalkan Koment