Pengertian Resin Fiberglass dan Takaran Penggunaan Untuk Kerajinan

1
636
Kerajinan resin fiberglass

Rumahkreative.id – Postingan perdana rumah kreative akan sedikit membahas tentang produk kerajinan yang akan dibuat untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan sovenir kita dapat menggunakan berbagai macam bahan mulai dari yang masih baru sampai barang bekas, seperti kain,kayu,plastik,logam dan bahan fiber. nah untuk kali ini rumah kreative akan membahas bagaimana caranya membuat kerajinan dari bahan fiber yaitu “Resin”

Apa Itu Resin atau Biasa Disebut FiberGlass ?

Resin adalah senyawa yang berbentuk cair yang dihasilkan oleh tanaman dengan proses hidrocarbon dengan sifat mirip seperti getah berlendir. Oleh industri kebanyakan resin fiberglass ini digunakan sebagai produk sintetis maupun perekat serta bahan baku vernish. Namun kita Juga bisa menggunakan nya sebagai produk kerajinan resin. Untuk membuat kerajinan dari resin fiberglass biasanya dibagi dalam dua macam jenis bahan yaitu resin butek dan resin bening. Penggunaan resin butek biasanya disertai campuran talk dengan pewarna atau tanpa pewarna, biasanya digunakan untuk membuat kerajinan patung dan  miniatur yang mana masih memerlukan pengecatan, sedangkan resin bening sendiri lebih dikhususkan dalam pembuatan hiasan yang bersifat transparant misalkan suatu benda seperti bunga/hewan didalam cairan resin yang telah mengeras.

  • resin bening dan contoh kerajinan nya
contoh kerajinan dari resin bening
Kerajinan resin bening
  • resin buram dan contoh kerajinan nya
kerajinan dari resin buram
kerajinan resin buram

Cara Membuat Kerajinan dari Resin Fiberglass

Untuk membuat berbagai kerajinan dari resin pertama siapin dulu peralatan tempurnya beserta Bahan-bahan yang dibutuhkan, berikut beberapa peralatan dan bahan baku untuk membuat kreasi dari resin

A. Bahan Utama Kerajinan Resin Fiberglass

Berbagai jenis resin bisa anda pilih sesuai kebutuhan dari kreasi dari resin yang ingin anda buat berikut beberapa jenis resin yang ada di pasaran :

  1.  Resin Bening
    Resin jenis ini berfungsi untuk membentuk model berwarna bening seperti kaca, berbentuk cair dan berwarna bening,  Resin bening memiliki sifat yang transparant (tembus cahaya), tingkat kekerasannya sama seperti resin lainnya. Untuk ada berbagai jenis dan tipe resin bening di antaranya.

    •  Resin upcast (resin 108 / resin 3126)
      Resin jenis ini berwarna transparant, namun perbedaan dibanding jenis resin bening lainnya apabila digunakan untuk membuat benda kerajinan yg tebal maka akan agak buram (kurang bening). Resin jenis ini paling sering ditemukan di toko kimia. Biasa dikenal dengan istilah resin bening biasa karna kadang si tukang toko kimia nya tidak mengetahui nomor seri nya,sebenarnya no seri resin tersebut adalah resin 108 atau resin 3126 .Kelemahan resin jenis ini adalah tidak tahan pada paparan  sinar matahari langsung, apabila terkena sinar matahari secara langsung  maka resin  ini akan menguning, jadi kurang enak dihatannya. Biasanya resin jenis ini digunakan untuk kepentingan pelapisan tipis. teksturnya  lebih kental sehingga saat diaduk sering kali ada gelembung udara yg terjebak didalam adonan resin sehingga meganggu pemandangan.
    •   Resin Lycal
      Resin jenis ini  adalah resin yang udah terkenal kualitasnya. Resin ini  sendiri biasanya diimport dari negara China (Taiwan). Terdiri dari 2 macam komponen yaitu part A (resin) dan part B (hardner). Resin ini didesain  khusus untuk kerajinan tangan dan aneka pelapisan transparant dan sangat bening.Tahan terhadap sinar matahari. TAPI,ada tapi nya. Harga resin lycal ini adalah 300rb/kg. Se-tau saya harga resin lycal adalah yang paling mahal. Jika Anda spesialis pembuat kerajinan tangan yang harganya mahal ga apa apa pakai resin lycal tapi kalo jenis kerajinan yg Anda buat harganya murah,Bisa tekor kalo pakai bahan baku resin bening jenis ini. Kekurangan lain dari jenis resin lycal adalah lebih kental dan saat diaduk akan menimbulkan gelembung yang susah hilang,sehingga gelembung tersebut terjebak didalam kerajinan yang Anda buat.
  2. Resin keruh atau buram
    Resin ini biasanya dicampur dengan warna-warna lain, resin jenis ini biasanya akan berwarna abu-abu sebelum diberi warna. dengan harganya yang lebih murah dari resin bening, bisa menjadi bahan belajar bagi anda yang baru mengenal resin dulu kami juga menggunakan resin jenis ini untuk bahan belajar membuat campuran yang tepat antara resin, katalis maupun talk . selain itu juga dengan resin ini kita bisa mencampurnya dengan talk untuk menghemat lagi. resin ini berwujud cair dan berwarna keruh. cocok digunakan untuk membuat model dengan campuran warna.

B. Bahan Campuran Resin Fiberglass

  1. katalis resin
    Bahan kimia yang mendukung untuk mempercepat proses reaksinya. katalis resin umumnya berwarna bening dan bau yang menyengat saat pertama kali di buka. jadi katalis resin digunakan untuk mempercepat proses pengeringan dan pengerasan adonan resin bening Maupun resin keruh dengan takaran yang tepat katalis dapat memberikan hasil kreasi dar resin dengan hasil sempurna, namun jika salah takaran dalam penggunaan katalis dapat merusak hasil resin, reaksi campuran resin dengan katalis juga menghasilkan panas tetap hati – hati dalam penggunaan nya.
  2. Talk
    Talk digunakan untuk membuat campuran pada resin keruh, sehingga bahan menjadi lebih banyak dan tentunya akan menghemat biaya produksi. sehingga kita tidak perlu membuat banyak bahan untuk membuat satu model yang akan dibentuk.

C. Cetakan  Dan Finishing

Setelah menyiapkan bahan resin yang akan dibuat untuk kerajinan fiberglass  Langkah selanjutnya  sebelum membuat kerajinan fiberglass adalah menyiapkan terlebih dahulu cetakan fiberglass yang akan kita gunakan sebagai bentuk dasar. Jika  bingung untuk mencari cetakan yang tepat , anda bisa cari menggunakan bahan yng bisa di dapatka di toko yang sama menjual resin dan membuat cetakan fiberglass sendiri, atau beli yang sudah jadi biasanya ada bisa beli di toko online.

Berikut beberapa jenis cetakan yang bisa di gunakan untuk membuat kerajinan resin fiberglass :

 

  •     Silicon rubber RTV 586

Biasanya silicon jenis  ini digunakan untuk membuat jenis cetakan model biasanya disebut juga untuk pembuatan matrasnya model, misalnya untuk membuat model-model yang berbentuk 3D, patung, action figure, dll. silicon ini berwujud cairan  kental berwarna putih seperti getah karet dan jika dicampur dengan katalis nya akan menjadi keras namun tetap elastis. bisa membuat model dengan sempurna. dan hasilnya malah lebih bagus daripada kita membuat dari cetakan gips.

di toko kimia resin silicon ini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu RTV 586 dan RTV 585. lalu apa bedanya, letak perbedaan nya dari kelebihanRTV 585 lebih keras dibanding lain nya sehingga umur pakainya lumayan cukup lama. namun  jika kita memiliki pekerjaan yang variatif dan sering, lebih baik menggunakan resin RTV 586. Untuk harga resin 585 jauh sedikit lebih mahal, jadi disarankan  untuk belajar sebaiknya gunakan resin RTV 586 saja, untuk  menghemat biaya

  •     Katalis silicon Rubber

katalis silicon rubber biasanya dijual satu paket, disini katalis silicon rubber berbeda dengan katalis resin jadi jangan tertukar, katalis silicon rubber digunakan untuk membuat silicon rubber menjadi cepat keras, sama seperti resin fiberglass lama atau tidaknya resin silicon rubber ini mengeras tergantung dari dosis katalis yang digunakan.

  •     Bubuk Gypsum

bubuk gypsum ini mungkin sudah banyak yang kenal, tetapi fungsinya disini digunakan untuk membuat mattras karena sifat bahanya yang keras, sehingga cetakan akan menjadi solid dan tidak mudah goyah, hal ini untuk mengantisipasi agar saat adonan dituangkan dan mengalami proses pengerasan tidak bergeser atau berubah bentuk.

  •     Vaseline

Vaseline digunakan untuk mengoles cetakan agar tidak lengket, seperti mengoleskan mentega pada cetakan kue sebelum adonan kue dituangkan kedalam cetakan. sehingga pada waktu adonan telah mengeras jadi lebih mudah untuk dilepaskan.

  •      Air

Air yang digunakan adalah air biasa, atau air keran. digunakan untuk mencapur bubuk gypsum menjadi adonan sehingga menjadi lebih mudah dibentuk menjadi cangkang.

  •     Cat dasar putih

Disebut juga dengan  epoxy, atau cat dasar putih digunakan untuk kesempurnaan pada saat finishing, dalam artian sebelum memberi warna lain pada model, warna putih digunakan sebagai warna dasar pada model sebelum ditimpakan warna lain, sehingga hasil menjadi lebih sempurna.

  •     Cat minyak/duco/kayu

Digunakan untuk mewarnai model, untuk menghemat penggunaan cat, kita bisa membeli warna dasar, yaitu kuning, merah dan biru. nah dengan tiga warna dasar itu kita dapat membentuk warna lain, misalnya warna hijau merupakan campuran dari merah dan kuning, dan warna ungu merupakan campuran dari merah dan biru, serta warna-warna lain. untuk menambah gelap atau muda kita bisa menambahkan warna putih untuk hasil warna lebih muda, dan warna hitam untuk hasil warna yang lebih gelap.

  •      Cat clear/ vernis

Cat clear atau biasa kita sebut vernis ini digunakan untuk lebih mempercantik hasil pada model, sehingga terlihat lebih mengkilap dan menambah daya jual tentunya.

  1. Alat – Alat yang Digunakan
  • Kuas
  • Cat poster (alternatif dari cat kayu, harga lebih murah)
  • Thinner ( digunakan untuk mengencerkan cat)
  • Thinner B spesial (digunakan untuk membersihkan cat pada tangan)
  • objek model fiberglass. misalnya patung atau apa saja yang akan di copy.
  • cetakan jelly (misalnya untuk membuat model)
  • Gelas air mineral ( untuk mencampurkan adonan)
  • sendok makansumpit (untuk mengaduk)
  • Kertas koran ( untuk alas agar lantai tidak kotor)
  • sarung tangan karet
  • stik es krim ( untuk mengaduk cat dan kombinasi warna)
  • masker
  • gunting
  • karton
  • kertas memo.
  • saringan atau ayakan (untuk menyaring bahan bubuk agar halus)
  • Plastik
  • aluminium foil
  • bloyang plastik
  • spidol
  • selotip
  • lem tembakamplas
  • kikir

Rumus dan Takaran Standar Resin

 

Rumus Takaran Standar (Wajib Dibaca)
Rumus Resin Bening 777
100ml resin
10Tetes kecil Katalis
1 sendok MBR777 (jika pakai MBR777)
0.1% pigmen (jika pakai pigmen)
talc 1-10sendok talc (jika pakai talc)

Rumus Resin AB777
30gram partA
10 Gram part B
1 sendok MBR777 (jika pakai MBR777)
0.1% pigmen (jika pakai pigmen)
talc 1sendok talc (jika pakai talc)

Rumus Resin hm777
20gram partA
20 Gram part B
0.5% pigmen (jika pakai pigmen)

Rumus Silicone rubber
100gram Silicone
3 Gram Hardener
0.2% pigmen (jika pakai pigmen)
10% MSO (jika pakai mso)

Sumber : http://jualresin.com/p/rumus-takaran-resin-talc-fiber-katalis

 

Proses Pembuatan Kerajinan Resin Fiberglass

 

  • Jika bahan dan cetakan telah disiapkan  serta sudah mengetahui berapa besaran takaran yang akan digunakan untuk membuat produk kerajinan dari resin, terlebih dahulu bersihkan peralatan serta cetakan fiberglass yang akan gunakan, hindari adanya ada kotoran yang menempel pada permukaan cetakan, agar hasil dari produk kerajinan fiberglass, dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, tanpa ada serat fiber yang menempel pada kotoran.
  • Buatlah adonan resin yang sesuai untuk produk kerajinan resin yang akan dibuat  dengan bahan-bahan yang sesuai kebutuhan, dan takaran yang tepat sesuai dengan rumus dan takaran standar resin ini bisa disesuaikan dengan jumlah  kerajinan fiberglass yang akan kalian buat.
  •  tuangkan adonan resin yang sudah dibuat kedalam cetakan yang sudah disiapkan sebelumnya, taungkan secara perlahan untuk menghindari terjadinya gelembung yang bisa merusak hasil produk kerajinan
  • gunakan fibermat atau serat kaca bila produk yang ingin dihasilkan lebih kuat dan ini berlaku untuk resin yang menggunakan campuran atau dalam penggunaan resin buram untuk membuat patung atau miniatur, asbak dan lain-lain .
  •  Tunggu dalam beberapa jam resin akan mengeras seperti kaca biasanya dalam 2-5 jam adonan akan mulai keras namun untuk hasil maksimal tunggulah hingga 24 jam,keringkan di tempat yang hangat/panas untuk mempercepat proses dan hindari tempat yang berdebu untuk produk yang menggunakan resin bening.
  •  Jika ada kotoran dan ingin menghilangkan kotoran yang menempel serta agar permukaan dapat lebih halus. Gunakan  amplas halus untuk menghaluskanya, lakukan 3 sampai 4 tahapan dalam proses pengamplasan sesuai dengan kebutuhan.
  •  Pemberian pigment warna untuk produk resin bisa kita lakukan dengan dua cara salah satunya kita bisa menambahkan pigmen warna saat membuat adonan, dan cara kedua anda bisa cat ketika sudah finishing.
  • Tahapan finishing bisa menggunakan pernis atau jika menggunakan resin bening cukup menggunakan lap kain dg serat yang halus dan lembut

Contoh Hasil Produk Kerajinan Dari Resin

Produk apa saja yang bisa di hasilkan dari resin ?

contoh hasil kerajinan resin
contoh hasil kerajinan resin

produk yang dihasilkan terbilang cukup banyak mulai dari aksesoris seperti gantungan kunci,pin,gelang dan kita juga bisa membuat patung,action figur dan banyak lagi,

salam Kreatif

majenang 26/03/2015

 

1 COMMENT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.