Perbedaan Memory RAM dan ROM ?

39

Memory adalah Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi untuk mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang di sediakan, dan semakin banyak juga data yang digunakan maupun intruksi yang dapat di olah. Memory juga berfungsi sebagai Media penyimpanan data. Memory terbagi menjadi 2 yaitu : ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).

 Seiring dengan kemampuan smartphone, kamera digital, dan perangkat gadget terbaru yang semakin meningkat, kebutuhan akan media penyimpanan data file yang besar menjadikan kartu memori(memory card) sebagai suatu kebutuhan dasar yang tak terelakkan. Terlebih lagi buat hp-hp lokal yang biasanya minim dalam kapasitas memori internal, maka kartu memori merupakan sebuah solusi handal yang wajib ada untuk mensupport internal memory yang terbatas. Tapi tahukah sobat bahwa dari berbagai macam kartu memori yang ada ternyata memiliki perbedaan jenis dan spesifikasi unik yang membuatnya berbeda satu sama lain. Nah lo..! baru tau kan??

Bagi sobat  yang baru mengenal kartu memori atau sd card dan berniat membelinya, sebaiknya pahami lebih dulu jenis dan spesifikasinya sesuai kebutuhan, mengapa hal ini penting bagi Anda dan perangkat Anda. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang bekerja di perangkat Anda dan mengapa. Selain itu, Anda harus dapat memilih kartu SD yang tepat untuk hp, kamera, tablet atau apapun gadget Anda dan cara Anda ingin menggunakannya. Tidak lucu kan jika Anda membeli jenis memory card yang salah hanya karena kurang memahami dan kurang cermat dalam memilihnya?!
Nah, sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam memilih kartu memori, Anda akan memberikan sedikit pencerahan mengenai ragam sd card (yang umum beredar saat ini) sehingga Anda terhindar dari kesalahan dan dapat menentukan pilihan, manakah kartu memori yang sesuai dengan tepat dan cermat. Berikut ini penjelasannya..

Ada berbagaimacamjeniskartuSD,SDHC,dan SDXC :

1.    SpesifikasiJenisSD,SDHC,dan SDXC diantara lain adalah :

Hal yang pertama perlu Anda ketahui adalah mengenai jenis memory card yang sesuai dengan gadget atau perangkat bergerak Anda dengan melihat pada gadget tersebut, atau referensi dari buku panduan atau media informasi lainnya (koran, majalah, tabloid, dll). Hal ini untuk menghindari kemungkinan salah membeli type, karena tidak mungkin kita memasang kartu memori yang spesifikasinya tidak sesuai.
Secure Digital Association (SDA) mengembangkan spesifikasi untuk semua kartu SD dan perangkat yang mendukungnya. Untuk menggunakan jenis tertentu kartu SD di kamera, misalnya, produsen kamera harus mematuhi spesifikasi Asosiasi SD itu. Memory card yang beredar saat ini diantaranya yakni jenis SD, SDHC, dan SDXC. Jenis memory card ini tahan pada segala kondisi dan aman jika terjatuh pada ketinggian dibawah 2 meter. Letak perbedaan utama dari ketiganya adalah pada kapasitas penyimpanan masing-masing kartu tersebut:
a.) SD  Card (Secure Digital)
SD card denganukuran yang standar banyak digunakan oleh bermacam vendor gadget yang memerlukan media penyimpanan berkapasitas tinggi seperti kamera, camcorder dan laptop mini. Jenis memori yang paling populer ini memiliki standar tersendiri dibanding memory yang lain. Standar SD Card menggunakan format file bernama FAT16 yang mendukung kapasitas antara 32 MB hingga 2 GB. Memori ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan telah dilengkapi switch Write-Protected yang berfungsi untuk mencegah penghapusan memori secara tidak sengaja.
b.) SDHC (Secure Digital High Capacity)
SDHC yang dikembangkan oleh SD Card Association ini merupakan pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kecepatan kinerjanya telah ditingkatkan. Dengan memakai format file FAT32, kartu jenis SDHC ini memiliki kapasitas mulai dari 2GB hingga maksimum 32 GB. Untuk urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa apabila perangkat kita telah mampu mendukung memori jenis SDHC, maka ia akan tetap kompatibel dengan memori SD biasa. Namun sebaliknya, jangan gunakan memori SDHC pada perangkat lama yang hanya mampu mengenali memori jenis SD card.
c.) SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
Kartu SDXC adalah generasi berikutnya dari pengembangan SDHC yang memiliki kecepatan transfer lebih tinggi dan juga kapasitas lebih besar. Kartu memori SDXC merupakan perangkat penyimpanan pertama di dunia yang memenuhi spesifikasi baru dari versi SD memori card 3.00, dimana maksimum kecepatan menulis hingga 35 MB/s dan kecepatan baca hingga 60 MB/s. Kecepatan ini dikatakan pas bagi mereka yang menggunakan kartu tersebut untuk keperluan merekam video HD dalam durasi panjang. Jadi pada saat merekam video full HD 1920 x 1080, jeda tidak akan terasa. Kartu jenis ini memakai format exFAT (bukan FAT32 atau FAT) dan dapat memuat data dari ukuran 32 GB hingga 2 TB. Tentu saja untuk menggunakan memory card jenis SDXC ini diperlukan perangkat gadget terbaru yang sudah kompatibel. Saat ini kian banyak produk elektronik konsumer seperti kamera digital, camcorder, HDTV, Blu-ray player, ponsel dan GPS yang mendukung SDXC.

Beberapa macam penjelasan Apa itu yang dimaksud oleh  Memory ROM dan RAM :

1. ROM (Read Only Memory)

ROM adalah Memory yang hanya dapat di baca, tetapi tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Perintah yang ada  pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM.
Ada beberapa macam Perintah yang ada pada ROM diantara lain yaitu :

* Perintah untuk membaca Sistem Operasi dari disk.
* Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di Unit Sistem.
* Perintah untuk menampilkan pesan di layar.

Beberapa macam Perkembangan yang ada pada ROM (Read Only Memory) diantara lain :
•    PROM (Programble ROM) : ROM yang bisa di program kembali dengan catatan hanya bisa di program 1 x.
•    RPROM (Re-Programble ROM) : ROM yang bisa di program ulang sesuai dengan yang kita inginkan.
•    EPROM (Eraseble Programble ROM) : ROM yang dapat di hapus dan di program kembali tetapi dengan cara penghapusannya dengan menggunakan Sinar Ultraviolet.
•    EEPROM (Electrically Eraseble Programble ROM) : ROM yang bisa di program dengan Teknik Elektronik.

2. RAM (Random Acces Memory)

RAM adalah Memory tempat untuk Penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat Pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepatlah Komputer yang Anda miliki.

Jenis Memory RAM

1. EDORAM (Extended Data Out RAM)
2. SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
3. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
4. RDRAM (Rambus Dynamic RAM)

No ratings yet.

Please rate this

Tinggalkan Koment