Kerajinan Sedotan Batang Resam Talang Mamak Riau Dipamerkan di Hari Masyarakat Adat

215
Sedotan Batang Resam Talang Mamak

Kerajinan Sedotan Batang Resam  khas talang mamak riau terbuat dari batang resam, rasam atau biasa disebut paku andam merupakan jenis paku yang besar yang biasanya tumbuh pada tebing-tebing di sepanjang tepi jalan di pegunungan.

Sedotan resam, merupakan satu produk kerajinan khas dari Talang Mamak riau yang bisa kita gunakan untuk  solusi untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik yang bisa akhirnya menjadi sampah plastik.

Baca Juga : 50+ Kerajinan Tangan Dari Sedotan & Cara Pembuatannya

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan sampah plastik berdampak buruk terhadap lingkungan. begitujuga penggunaan sedotan plastik yang tidak ramah lingkungan.

Bahan Pembuatan Sedotan Resam

Sedotan resam adalah salah satu jenis sedotan khas yang terbuat dari batang resam.

“Sedotan resam ini dibuat dari batang tanaman resam yang tumbuh alami di hutan,” kata Gilung, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Indragiri Hulu (Inhu), Rabu (6/8/2019)

Sedotan Batang Resam Talang Mamak Riau Kerajinan Ramah Lingkungan Dipamerkan di Hari Masyarakat Adat (Tribun Pekanbaru/Istimewa/AMAN)
Proses pembuatannya juga alami tanpa bahan kimia.

Baca Juga : Memilih Jasa Perawat Home Care Terbaik Di Indonesia

“Resam itu dipotong-potong, kemudian dikeluarkan isinya lalu dikeringkan selama satu atau dua minggu. Jadi tidak ada menggunakan bahan-bahan kimia,” katanya.

Meski tidak menggunakan bahan kimia, namun sedotan resam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun.

Setelah digunakan sedotan itu bisa dicuci kembali lalu dikeringkan.

“Sedotan ini ramah lingkungan, karena apabila sudah mencapai batas usia penggunaannya sedotan resam akan berubah menjadi lapuk,” kata Gilung.

Gilung menjelaskan bahwa produk sedotan resam itu kini sudah diperjualbelikan.

Satu lusin sedotan resam dijual dengan harga Rp 30 ribu.

“Sudah banyak juga yang beli,” kata Gilung.

Sedotan resam ini menjadi salah satu produk unggulan Talang Mamak untuk dipamerkan di Hari Masyarakat Adat Sedunia (Himas) dan hari jadi AMAN di Jakarta.

Selain sedotan resam, AMAN Inhu juga memamerkan sejumlah produk kerajinan khas Talang Mamak yang lain, diantaranya sarung gelas, alas piring, tikar rumbai, tas pandan, tas rumbai, tas pandan, dompet dari pandan, gelang rotan, gelang resam, cincin rotan, cincin resam, dan pot bunga rotan.

 

 

5/5 (1)

Please rate this

Tinggalkan Koment