Teknologi Cloud Untuk Menjawab Tantangan Persaingan Bisnis Online

    0
    107
    Teknologi Cloud Untuk Menjawab Tantangan Persaingan Bisnis Online

    Saat ini banyak sekali bisnis yang sudah memanfaatkan teknologi cloud computing terutama untuk membuat  web dan aplikasi yang saat ini menjadi tren di Indonesia khususnya bagi generasi muda.
     istilah startup terus menjadi trend seiring banyak nya startup yang menjadi unicorn, munculnya berbagai  ide bisnis  sekaligus mengawali bermunculan nya startup  akibat efek dari inovasi teknologi itu sendiri.

    Fleksibilitas dan  efektifitas dari teknologi ini membuat memunculkan banyak ide kreatif guna menyelesaikan berbagai masalah yang membuat hidup semakin praktis dan efisien. Bisnis dan inovasi adalah 2 hal wajib yang tidak bisa dipisahkan yang maju bersama dalam memenangkan persaingan bisnis.

    Teknologi Cloud computing (atau komputasi awan) yang saat ini sudah menjadi sesuatu yang begitu umum, terutama di kalangan pengembang software.Teknologi ini memiliki  berbagai keunggulan cloud computing, seperti dalam skalabilitas, keandalan dan portabilitas membawakan daya tarik tersendiri, terlebih sistem pembayaran layanan cloud kebanyakan cukup fleksibel, yakni dibayarkan sesuai dengan penggunaan atau umum disebut dengan istilah “pay as you use”.

    Teknologi seolah  menjadi komponen kritis dalam operasional bisnis, banyak  kegiatan, terutama kegiatan yang berhubungan langsung dengan konsumen banyak ditompang oleh teknologi, dan salah satu platform yang banyak digunakan tak lain adalah cloud computing.

    Struktur Cloud Computing

    Teknologi Cloud computing terdiri atas  dua komponen yaitu bagian Front End dan bagian  Back End. Front End terdiri atas dari klien Cloud Computing system-nya. dan dibagi lagi menjadi 2 yaitu disebut dengan  interface dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses platform cloud computing-nya.

    Sementara bagian Back End mengacu ke sistem cloud itu sendiri, yaitu  terdiri  dari sumber daya. Sumber daya cloud diperlukan bagi layanan ini. Layanannya apa saja? Ada banyak layanan yang disediakan teknologi cloud computing  salah satu nya virtual machine, server, data storage, security mechanism, danmasih banyak lagi. Jadi, segala layanan itu berada di bawah kendali pada provider/penyedia komputasi awan.

    Teknologi Cloud computing ini bisa mendistribusikan sebuah sistem file yang kemudian disebar ke banyak hardisk maupun ke mesin. Data tersebut tidak pernah disimpan pada satu tempat saja. Selain itu juga, jika satu unit gagal beroprasi atau memproses data, maka unit  yang lain akan mengambil alih secara otomatis.

    Inilah canggihnya teknologi ini. Ruang disk pada user atau pengguna dapat dialokasikan ke sistem file yang terdistribusi dengan cermat, sementara pada komponen penting lainnya semacam algoritma dapat dimanfaatan untuk  alokasi sumber daya.

    Lalu bagaimana cara memanfaatkan teknologi cloud computing untuk mengoptimalkan bisnis agar berkembang ? Ada beberapa hal berikut ini dapat menjadi pertimbangan bagi bisnis tatkala ingin menggunakan cloud computing untuk kegiatan produktifnya.

    Di era yang serba digital dan cepat ini, dunia IT berkembang dengan drastis, banyak perusahaan pada saat ini tidak perlu lagi memikirkan CAPEX untuk berinvestasi perangkat keras (hardware) baik itu server, storage, network dan masih banyak lain nya. Trendnya saat ini adalah perusahaan hanya memikiran OPEX perbulannya dari perangkat atau device yang mereka gunakan karena hal ini sesuai dengan konsep teknologi Cloud Computing yang sedang bergeming.

    Tipe-tipe Cloud

    Ada setidaknya 4 macam atau tipe dari  cloud yang berbeda yang dapat Anda manfaatkan sebagai pengguna, yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah keempatnya!

    • Private Cloud

    Artinya sumber daya dari cloud-nya digunakan hanya bagi satu organisasi tertentu saja (secara privat, rahasia tidak dibagi ke pengguna/organisasi lain). Metode seperti ini lebih banyak digunakan untuk interaksi semacam intra-bisnis, di mana sumber daya data cloud-nya bisa diatur, dimiliki, dan dioperasikan oleh satu  organisasi yang sama.

    • Community Cloud

    Community cloud ini mengacu pada penggunaan source untuk komunitas ataupun organisasi.

    • Public Cloud

    Jenis untuk cloud ini biasanya dimanfaatkan untuk  interaksi bisnis tipe B2C (Business to Consumer). Public Cloud  ini menggunakan sumber daya cloud yang dimiliki, diatur serta dioperasikan oleh pemerintah.

    • Hybrid Cloud

    Jenis tipe Cloud yang satu ini bisa digunakan untuk lebih dari satu jenis interaksi – B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Consumer). Jadi, sumber daya dari  komputasi, terikat bersama tapi dengan cloud yang berbeda.

    Tidak dapat di pungkiri lagi saat ini cloud computing menjadi salah satu roda penggerak dalam perubahan didunia era revolusi industri 4.0. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada  level provider tetapi juga sampai dengan end-user customer.

    Alasan Teknologi Cloud Tepat Untuk Bisnis 

     

    1. Teknologi Cloud Computing akan membuat bisnis  berkembang semakin inovatif, mampu membuat produk yang sebelumnya tidak bisa di kembangkan  menjadi lebih mudah. Keterbatasan teknologi yang biasa muncul dari storage, prosesor, availability, konektivitas dll tidak akan terjadi di teknologi cloud computing, hal ini dikarenakan semua keterbatasan tersebut menjadi suatu kelebihan yang dirasakan pengguna (user) saat menggunakan cloud.
    2. Memberikan solusi  yang dapat mengurangi beban pekerjaan dari IT departemen. Hal ini dikarenakan dari sisi pengguna (user) akan semakin self-service terhadap teknologi yang digunakannya.
    3. Terkait makin bermunculan cloud provider yang sebagian besar akan langsung head to head dengan SOA ( service-oriented-arsitektur), SOA itu sendiri termasuk aplikasi kelas berat dengan adanya Cloud Computing makan SOA tentu akan bertransformasi menjadi berbasis WEB dan dengan konsep Cloud yang tentu dapat mematahkan  model bisnis dari SOA tersebut.
    4. Dengan sedikit hambatan teknis yang biasa terjadi jika masih menerapkan tradisional IT,  Cloud akan menciptakan bisnis baru dengan pendekatan model bisnis yang baru juga
    5. Tidak menggunakan Cloud saat ini bukan berarti langsung membuat kemunduran dalam perusahaan tersebut, tetapi mereka akan bersaing bisnis modern dimana pesaing-pesaing mereka menggunakan cara agar bisnisnya tetap melaju dengan cepat tanpa harus pusing service IT, Karena semua berjalan di Cloud.

    Melihat Kelebihan Kemampuan Serta kebutuhan Teknologi Cloud Computing

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kelebihan utama dari teknologi satu ini adalah potensi adanya  penghematan biaya. Maka dari itu ada banyak sekali perusahaan baik itu yang skala bisnisnya masih kecil hingga yang sudah besar memakai jasa cloud ini.

    Teknologi Cloud ini juga dapat  memberi kebebasan bagi para user atau penggunanya untuk dapat menggunakan  yang layanan sesuai kebutuhannya masing-masing serta dapat membayar sesuai pemakaian yang ada, jadi lebih fleksibel.

    Tanpa perlu menghabiskan banyak sumber daya internal, Pengguna  bisa menjalankan operasi IT dengan baik.
    berikut poin-poin kelebihan dari cloud computing :

    • Mengurangi biaya dari infrastruktur IT (komputer,hardware,dll) bagi user
    • Meningkatkan dan efisien kinerja ataupun performa kerja
    • Mengurangi resiko perawatan yang sering dan mahal karena jarang ada masalah
    • Terus Mendapatkan pembaruan atau update yang instan terhadap software yang ada
    • Meningkatkan kompatibilitas antar sistem operasi yang dipakai
    • Mengadakan tersedianya cadangan/backup dan juga pemulihannya
    • Meningkatkan dari skalabilitas
    • Menambah kapasitas penyimpanan/storage
    • Meningkatkan security atau keamanan data

    Biaya  yang dikeluarkan untuk kebutuhan teknologi dalam lebih di efisikan dengan memanfaatkan  teknologi cloud computing, sepeti meminimalisir biaya pembelanjaan perangkat keras ( hardware) serta pemeliharaannya, namun untuk menciptakan hasil yang optimal dalam bisnis juga harus mengetahui betul kemampuan serta kebutuhannya. Teknologi Cloud computing yang menawarkan sistem pembayaran yang cukup fleksibel, seperti mengunakan sumber daya tinggi saat penggunaan tinggi, dan minimalkan penggunaan sumber daya saat kebutuhan rendah.

    Dalam Hal ini bisa dicontohkan di beberapa skema bisnis, misalnya sistem bisnis yang ramai di musim tertentu, sebut saja toko online baju sekolah anak. Misal sebuah toko online yang menjual baju sekolah anak umumnya akan mendapatkan pengunjung membludak saat masa di penerimaan siswa baru, sementara di hari-hari biasa pengunjungnya tidak begitu signifikan.

     Dengan model upgrade/downgrade pada layanan cloud dapat dilakukan secara fleksibel untuk dapat mensiasati keadaan kebutuhan yang naik/turun  ini. Ketika pengunjung website tersebut membludak, dengan mudah bagian admin atau pemelihara sistem dapat menaikkan kapasitas  daya, baik itu server hingga bandwidth.

    Dan ketika pengunjung turun bisa layanan dapat diturunkan sesuai kebutuhan. Namun hal ini tidak berlaku ketika bisnis anda memilih pendekatan yang konvensional, ini karena hardware akan lebih sulit disesuaikan dengan kebutuhan yang fluktuatif.

    Penggunan SaaS (Software as a Services) Untuk layanan Bisnis

    SaaS merupakansatu siantara beberapa model layanan cloud yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat langsung memanfaatkan layanan tersebut  yang ada secara berlangganan. Diera industri saat  ini sudah terdapat berbagai macam layanan SaaS, seperti sistem email, sistem penyimpanan, sistem unit produksi sampai kesistem untuk menganalisis data.

    Pengguna bisnis, Terkhususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) atau startup dapat memanfaatkan berbagai layanan ini untuk dapat menghemat budget pengeluaran teknologi, karena bisnis bisa menggunakan layanan secara bertahap sesuai kebutuhan.

    Misal ketika bisnis baru hanya terdiri dari 10 anggota , maka  cukup membayar layanan berlangganan untuk 10 anggota ini.  Begitu bertambah dengan mudah bisnis juga dapat membelinya lagi. Daripada harus mengembangkan software secara mandiri yang memakan dana lebih banyak, untuk CRM (Customer Relationship Management) misalnya, dengan anda berlangganan SaaS, pembiayaan Develoment atau pengembangan dapat dioptimalkan untuk kebutuhan lain, karena  bisnis bisa berlangganan sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya.

     Penggunaan PaaS dan IaaS Sebagai fondasi aplikasi bisnis

    Saat  ketika bisnis sudah memiliki aplikasi sendiri, seperti misalnya layanan e-commerce, yang sudah tidak lagi memungkinkan untuk mengandalkan SaaS, karena platform yang dibutuhkan sangatlah custom, maka layanan cloud yang bisa dipilih bisa berupa PaaS (Platform as a Services) atau IaaS (Infrastructure as a Services). layanan PaaS memungkinkan pengguna untuk dapat memanfaatkan sistem server dan atau layanan cloud yang sudah siap untuk meletakkan aplikasi yang dikembangkan. Tidak perlu memikirkan alokasi sumber daya komputasi (Sistem Operasi, Firewall, dll), disini pengembang hanya perlu menyesuaikan platform yang dibutuhkan.

    Namun jika memang memiliki kebutuhan yang lebih custom lagi, pengguna dapat memanfaatkan layanan IaaS. Pengguna dapat memilih secara sendiri segala sumber daya yang ingin diterapkan dalam server virtual yang digunakan. Ibaratnya provider atau penyedia layanan cloud hanya akan menyediakan hardware dan kebutuhan sesuai dengan permintaan. Tidak  seperti PaaS, semuanya sudah dikemas dalam layanan yang siap pakai untuk deployment. Baik itu PaaS ataupun IaaS juga mengusung aturan dasar cloud computing, yaitu harus mampu memenuhi segala kebutuhan penggunanya secara dinamis. Jadi jikasuatu saat  memerlukan alokasi sumber daya lebih, maka hanya semua melakukan order online untuk dapat upgrade pengguna dapat menambahnya.

    Keunggulan PaaS Cloud Computing
    Paas Cloud Computing menggunakan teknologi terbaru dan terbaik.
    Tantangan dalam membangun sebuah web atau  aplikasi yang akan menjadi jawaban untuk mengembangkan bisnis anda di era revolusi industri 4.0. apliksai atau web tersebut haruslah sudah dapat dilacak, dirawat, diperbarui, dan diintegrasikan lagi dari waktu ke waktu. Hal yang sering sekali perusahaan UMKM atau  startup sulit lakukan sendiri.
    Dengan menggunakan sistem  PaaS, teknologi terbaru dan termutakhir pasti adalah jaminan dari perusahaan penyedia layanan tersebut. Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu khawatir, sistem PaaS dari cloud computing akan selalu diperbarui atau update secara otomatis dan berkala tanpa mengganggu operasional bisnis anda tentunya.
    Berikut beberapa poin penting keunggulan penggunaan sistem  PaaS Cloud Computing
    • Memaksimalkan Uptime.
    Sistem PaaS dari cloud computing dapat membantu bisnis anda dalam meraih target dengan menghindarkan waktu downtime yang tiba -tiba yang tentu dapat anda kehilangan calon pelanggan karena hal ini. Setiap provider atau penyedia layanan PaaS biasanya akan menawarkan SLA sebesar 99,9% dimana jaminan web/aplikasi yang anda kembangkan tersimpan berada di sebuah lingkungan Cloud Computing terbaik.
    • Menghemat Anggaran.
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi ini menawarkan penghematan biaya yang cukup signifikan. Menggunakan layanan PaaS dari cloud computing merupakan jalan terbaik yang ada untuk meningkatkan skala bisnis anda.  Dengan mempercayakan berbagai bentuk layanan seperti server dan data center kepada layanan penyedia PaaS akan jauh lebih menghemat anggaran anda yang mungkin terbatas saat merintis bisnis.
    • Aspek Keamanan
    Keamanan data center adalah poin yang sangat penting untuk kemungkinan terjadinya data hilang atau data rusak. Pada layanan PaaS dari cloud computing memiliki pendekatan yang unik dalam aspek keamanan. PaaS dari  memiliki penyimpanan yang besar dengan pendekatan yang berbeda di setiap layer nya yang semakin ketat. Keamanan ini dimulai dari Tier 1 (satu) hingga Tier yang akan semakin ketat agar tidak adanya spam ataupun hacker yang mampu meretas atau membobol data perusahaan. Meskipun begitu cloud computing banyak juga dikritik dari segi keamanan karena dapat diakses oleh semua orang, namun berbagai perusahaan -perusahaan besar penyedia layanan cloud ini seperti Microsoft, Apple, Amazon telah memiliki sebuah standar keamanan yang amat sangat tinggi dalam menjaga sebuah data. Selain itu juga, banyak provider yang juga telah memiliki jaminan SLA sebesar 99%  untuk lebih menjaga data dari serangan kejahatan siber, serangan virus atau kerusakan pada suatu data. 

    • Dukungan provider terbaik
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika anda membangun dan menjalankan sistem PaaS. Sejatinya anda sedang berusaha menjawab segala kebutuhan konsumen. Tidak hanya menjawab  dari orang yang telah memahami teknologi, namun juga menjawab bagi mereka yang masih awam dengan teknologi. Anda haruslah memastikan bahwa teknologi yang anda gunakan telah  didukung oleh provider terbaik karena anda akan bekerja sama dengan mereka, tidak hanya membeli atau berlangganan dan menjalankannya sendiri.

    Pilih layanan cloud yang terpercaya

    Di Indonesia ini cukup banyak pilihan provider yang menyediakan layanan cloud yang saat ini tersaji. Ini dikarena bisnis pastilah membutuhkansebuah  teknologi yang handal untuk operasional bisnis yang berkelanjutan. pastikan bisnis anda memilih layanan cloud yang sudah teruji dan terpercaya. Setidaknya telah  ada case study atau pihak bisnis lain yang sebelumnya pernah menggunakan layanan tersebut dan memberikan testimoni atau review baik. Terlepas dari itu adalah  layanan global ataupun layanan lokal.

    Ada banyak sekali provider yang memberikan layanan ini salah satu yang menurut kami yang terbaik adalah niagahoster.  Mungkin Anda belum  pernah mendengar nama Niagahoster sebelumnya. Niagahoster adalah salah satu pemain baru dalam dunia web hosting, cloud hosting , perusahaan ini berdiri  pada tahun 2014. Sejak itu Niagahoster, dalam kurun waktu lima tahun ini Niagahoster telah sukses  mengumpulkan lebih dari 40.000 pengguna terdaftar dan termasuk dalam top 5 perusahaan hosting dengan klien terbanyak di Indonesia.

    Ini merupakan pencapaian yang luar biasa Karena pertumbuhan niagahoster boleh dikatakan sangat cepat dibanding beberapa  perusahaan layanan hosting lainnya yang telah lebih dulu ada di Indonesia.

    Alasan Menggunakan Layanan Niagahoster Untuk Bisnis Anda  

     

    hosting terbaik niagahoster

    Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya untuk membuat layanan baik berupa web/aplikasi kita membutuhkan teknologi yang tepat dengan dukungan provider yang handal. dan dengan pertumbuhan niagahoster yang cukup luar biasa tentu sudah lebih dari cukup, untuk merekomendasikan layanan provider yang satu ini.

    Kelebihan Menggunakan Niagahoster

    Dari hasil penelusuran kami rata – rata  review untuk semua layanan dari niagahoster sangatlah baik, dan tentu website ini ( www.rumahkreative.id ) juga menggunakan domain yang di daftarkan dari niagahoster. kami juga sudah menjajal layanan hosting dan cloud host dari mereka.

    Jadi, setelah kami meneliti kualitas dari layanan Niagahoster, berikut saya beberapa poin yang menjadi kelebihan Niagahoster.

    1. Rata-rata Uptime yang Mengesankan – 99,97% (#1 dari 20)

    Tentu hampir semua penyedia layanan web hosting menggaransi uptime nya, ada yang 99,90%, 99,95%, bahkan juga ada yang menjamin hingga 100%.

    Namun masalahnya adalah hampir di semua penyedia layanan hanya menggaransi uptime tanpa bisa menunjukan data yang cukup akurat tentang rata-rata uptime mereka di setiap bulannya.

    Tahukah Anda : Rata-rata uptime 99% menunjukan bahwa website Anda akan mengalami down (web tidak bisa diakses) selama 7 jam 18 menit dan 17,5 detik dalam 1 bulan.

    Lalu bagaimana dengan Niagahoster?

    Seperti yang lain Mereka memberikan  jaminan uptime 99,90%.

    Untuk mengetahui angka pastinya, saya melakukan monitoring server Niagahoster menggunakan alat Site24x7, yang hasilnya dapat Anda lihat pada screenshoot dibawah ini:

    Rata-rata uptime Niagahoster dalam bulan ke bulan di tahun 2018: 99,98%

    Rata-rata uptime Niagahoster di 2019:
    • Rata-rata uptime Januari 2019: 99,93%
    • Rata-rata uptime Februari 2019: 99,94%
    Secara total keseluruhan, rata-rata dari uptime Niagahoster sebesar 99,97% ini adalah yang terbaik dari lebih 20 web hosting Indonesia lainnya.

    Ini Tentu Cukup Handal Untuk Membangun sebuah layanan web atau aplikasi untuk membesarkan bisnis anda di era digital yang persaingan nya cukup ketat ini.

    2. Rata-rata Page Load Time yang Cepat (#2 dari 20)

    Memiliki layanan  hosting dengan server yang handal saja tentu  tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari bisnis, Anda memerlukan layanan dengan server yang cepat juga.
    Apalagi sekarang Google yang menjadi salah satu faktor penting kembang tumbuh bisnis anda, juga memperhitungkan dari kecepatan website sebagai salah satu faktor dalam algoritmanya untuk menentukan tinggi rendah nya peringkat website di mesin pencari milik mereka.

    Idealnya adalah sebuah website Anda tidak termuat lebih dari 1 detik.
    Dengan menggunakan alat  yang sama, Site24x7, kita memonitoring page load time Niagahoster dan hasilnya .

    Rata-rata Load time mereka dalam 5 bulan terakhir adalah 573 ms.
    • Rata-rata page load time September 2018: 830ms
    • Rata-rata page load time Oktober 2018: 1004ms
    • Rata-rata page load time November 2018: 689ms
    • Rata-rata page load time Desember 2018338ms
    • Rata-rata page load time Januari 2019397ms
    • Rata-rata page load time Februari 2019: 382ms

    .

    3. Layanan Support yang Baik dengan Respons yang Sangat Cepat

    Support mereka terbilang cukup baik. Tiket bantuan yang kami kirimkan direspon kurang dari 10 menit.

    4. Pilihan Paket Layanan Fleksibel

    Niagahoster menawarkan Berbagai layanan  mulai dari Shared Hosting , VPS, cloud VPS dan Cloud Hosting.
    Dan pilihan hosting di Niagahoster cukuplah fleksibel, Anda dapat langsung meng-upgrade paket hosting Anda kapanpun dimanapun dengan sangat mudah, cukup hanya  dengan 1x klik pada dashboard anda di Niaghoster . Tidak ada biaya upgrade ataupun downgrade.

    5. Memiliki Panduan Atau Pengetahuan Dasar yang Lengkap (+video tutorial)

    Ini adalah poin yang menurut kami paling menonjol dari pada poin “Help & Support”, yaitu adanya sebuah media berisi tutorial-turoial dasar yang sangat membantu pengguna.

    Saya sudah memeriksa portalnya medianya dan cukup memang lengkap.
    Ada banyak sekali  panduan atau tutorial yang dapat Anda pelajari guna mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang layanan mereka terutama domain, hosting, WordPress dan lain-lain.

    6. Aman Mencegah Dari Serang​an DDOS

    DDoS adalah serangan yang mengerikan bagi anda pemilik aplikasi web kerena , jika server terkena DDos attack maka bisa dipastikan bahwa semua webiste yang ada di dalam server tersebut tidak dapat di akses, seperti yang terjadi pada seorang pengguna diatas.

    Saat ini Niagahoster telah melengkapi server mereka dengan “Bitninja Smart Server Security“.

    7. Garansi Pengembalian Uang 30 Hari dan Gratis Domain Selamanya

    Anda masih belum yakin akan layanan  Hosting terbaik niagahoster , mungkin anda dapat mencobanya nya sendiri dan dapatkan garansi uang kembali di 30 hari pertama. Dan juga apabila Anda membeli atau berlangganan paket tertentu , Anda akan mendapatkan gratis 1 domain selamanya serta diskon yang beragam di setiap paketnya di tahun pertama .

    8. Gratis migrasi hosting

    Sama seperti kebanyakan layanan server pada umumnya , Niagahoster juga tentu akan membantu untuk memindahkan file-file website Anda dari hosting lama anda  jika sebelumnya sudah berlangganan di tempat lain, perpindahan ke hosting mereka secara gratis.
    Dan lebih gilanya  Niagahoster akan memberikan diskon 50%  untuk migras.

    Apakah Niagahoster Direkomendasikan ? 

    Dengan seluruh keunggulan yang telah memenuhi syarat untuk membangun produk digital baik web atau aplikasi untuk menunjang bisnis anda. Tentu kami sangat merkomendasikan niagahoster.

    Apalagi kini niagahoster telah memiliki layanan baru yaitu Cloud Hosting . Tepat Pada tanggal 8 Februari 2019 kemarin, niagahoster meresmikan kantor barunya. Hal ini dibarengi juga dengan meluncurkan nya tiga produk baru. Salah satunya adalah Cloud Hosting.

    Cloud Hosting adalah produk yang terbaru dari Niagahoster dimana mereka menawarkan kemudahan teknis seperti pada shared hosting namun mereka menyediakan kapasitas untuk resource yang dedicated seperti VPS. Dengan Cloud Hosting Niagahoster, Anda tidak perlu lagi khawatir lagi bila shared hosting tidak dapat mencukupi kebutuhan website Anda. Kini Anda bisa bebas mengembangkan bisnis dan serahkan uptime server serta hal lain terkait hosting pada tim Niagahoster.

    Dengan server uptime yang demikian tinggi, fitur hosting yang lengkap, control panel user friendly dan mudah, GRATIS DOMAIN & SSL , panduan penggunaan yang cukup ekstensif lewat knowledgebase super lengkap, dan live chat support 24 jam, saya harus bilang bahwa saya cukup rekomendasikan layanan hosting  terbaik niagahoster ini.

    Mungkin ada Beberapa  hal yang jadi faktor negatif dari layanan mereka mungkin hanya masalah harga, yang sebenarnya relatif dan masuk akal dengan fitur yang ada, tapi itu semua sama sekali tidak mengurangi penilaian kami  atas layanan dari niagahoster  ini.

    Jika Anda Ingin mengembangkan bisnis bersama niagahoster anda dapat mengunjungi mereka langsung di link berikut [ Niagahoster]

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.